“Outgoing Student Exchanger pada Winter SEP 2020 di Thailand dan Taiwan”

Ilmu kefarmasian yang terus berkembang harus diikuti dengan pembaharuan sistem pendidikan untuk memenuhi tuntutan profesi keprofesian. Oleh sebab itu, merupakan hal positif untuk saling bertukar  pemikiran dalam rangka menambah pengetahuan masing-masing individu yang nantinya akan menjadi farmasis di masa depan.

Sebagai kegiatan tahunan yang diikuti oleh mahasiswa FF USD, pada Winter SEP (Student Exchange Program), Fakultas Farmasi USD kembali mengirim beberapa murid untuk menjadi Student Exchanger, sehingga bisa mendapatkan pengalaman baru dari pembelajaran di luar negeri. Adapun Winter SEP diikuti di 2 tempat berbeda, yaitu Thailand (via MoU) dari tanggal 6-31 Januari 2020 dan Taiwan (via IPSF) dari  tanggal 9-23 Januari 2020. Nama-nama peserta / mahasiswa yang mengikuti Winter SEP ialah Amri Arminto Caturputranto dan Laurensia Kusumaningtyas Theodorus sebagai para peserta SEP di Mahasarkham University, Thailand serta Vitalia Ristra Nataline sebagai peserta SEP oleh PSA-China,Taiwan. Mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti SEP tahun ini ialah mahasiswa angkatan 2017, sehingga sudah memiliki bekal ilmu yang cukup mumpuni untuk magang belajar di fakultas tempat mereka bertukar pembelajaran.

 

WINTER SEP THAILAND

Selain di kampus masing-masing tempat, para peserta juga menjalankan kegiatan magang di apotek dan industri yang memproduksi produk – produk kefarmasian. Kegiatan magang dilakukan guna untuk mempraktekan apa yang sudah didapat selama mengikuti perkuliahan di kampus masing-masing sehingga dapat menerapkan ilmu kefarmasian yang didapat. Selain magang untuk memperkaya ilmu kefarmasian dari tempat yang berbeda budaya, para peserta juga berkesempatan untuk menikmati budaya luar yang ada dengan melakukan kunjungan di beberapa tempat wisata yang ada, karena selain dari Indonesia, ada beberapa student exchanger yang ikut dari Negara lain, seperti dari Jepang.

 

WINTER SEP TAIWAN

Adapun Kegiatan SEP outgoing meninggalkan kesan yang menyenangkan karena banyak pengalaman dan pelajaran baru yang didapat. Mahasiswa S1 sebenarnya belum melakukan rotasi di rumah sakit, namun dengan mengikuti program SEP ini bisa mendapatkan pengalaman sejenis. SEP merupakan kegiatan yang menarik karena dapat memberikan kesan rasa seperti sedang magang, yang pada umumnya hanya dapat dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *