Latihan Kepemimpinan (LK) tingkat I BEMF Farmasi USD 2019

Latihan kepemimpinan (LK) tingkat I merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh BEMF Fakultas Farmasi USD. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kadaer-kader yang memiliki jiwa kepemimpinan dan wawasan tentang organisasi-organisasi yang ada dalam lingkup kefarmasian di skala kampus, regional, nasional, maupun internasional. LK I ini diselenggarakan dalam 3 hari. Hari pertama peserta diberikan materi-materi yang sekiranya diperlukan dalam memperluas wawasan kepemimpinan dan hari kedua serta ketiga, kegiatan dilaksanakan di luar kampus dalam 2 hari 1 malam agar peserta dan panitia dapat berdinamika bersama.

Materi-materi yang diberikan pada hari pertama seperti Kepemimpinan yang dibawakan oleh saudari Putu Putri Ardani, materi Public Speaking dibawakan oleh Wahyu Bintari, M. Psi, Psikolog, materi JMKI dibawakan oleh Muhammad Shoufi Islami, materi ISMAFARSI oleh Wardatun Jamilah, dan materi Kajian dibawakan oleh Patricia Rici Dini. Pada siang hari dilanjutkan dengan expo BEMF dan DPMF Farmaisi USD, kegiatan ini dilaksanakan dalam suasana outdoor, sehingga mobilitas peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok mudah dilakukan. Expo ini bertujuan untuk memperkenalkan BEMF dan DPMF Farmasi lebih dekat dengan para peserta. Peserta dapat berdiskusi dan bermain games di setiap stand yang disediakan. Kegiatan berlangsung lancar dengan antusias para peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir hingga sore hari.

Hari kedua dan ketiga dilaksanakan di Wisma Omah Jawi Sejahtera, Kaliurang. Kegiatan dimulai sejak siang hari sesampainya di wisma. Beberapa materi yang diberikan yaitu, pengenalan IPSF oleh kak Amri Armito Catur Putranto dan Victorya Basule serta materi persidangan oleh Galuh Ariani. Pada saat pelaksanaan materi, peserta terlihat sangat semangat untuk mempraktekan serta aktif untuk bertanya. Setelah pemberian materi selesai, finalis kajian mempresentasikan kajian yang telah dibuat. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan outbond kepemimpinan. Kegiatan ini berupa permainan yang dikerjakan oleh tiap kelompok kecil, kelompok besar, dan satu angkatan. Hal ini bertujuan untuk mengasah kepekaan untuk ikut andil dalam kegiatan, belajar untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah, serta menumbuhkan jiwa gotong royong. Pada malam hari dilanjutkan dengan pensi dan screening. Malam pensi berlangsung seru dan ramai, para peserta menampilakan pertunjukan drama dan dance yang sangat menghibur. Setelah itu dilakukan screening. Screening yang dilakukan dibagi menjadi 3 pos yaitu: kepemimpinan, organisasi, dan kajian. Selanjutnya, pada hari ketiga di pagi hari peserta dan panitia melakukan kerja bakti di sekitar kawasan penginapan yaitu di Kaliurang Barat RT I/RW 17, masjid, dan gereja terdekat. Seusai kegiatan, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi peserta, sharing LK II, dan pemberian surat ke panitia. Acara diakhiri dengan foto bersama dan peserta kembali ke kampus dengan bus yang sudah disediakan.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *