KAJIAN FORUM I: “RUU KEFARMASIAN”

Rancangan Undang-Undang Kefarmasian menjadi hal yang penting sebagai payung hukum, kejelasan hukum, serta pondasi bagi profesi kefarmasian dalam melaksanakan praktek sesuai dengan standar profesionalitas sehingga baik profesi maupun pasien merasa aman dalam pelayanan kesehatan. RUU Kefarmasian juga berperan penting dalam mengatur praktek keprofesian dalam melaksanakan tugas dan memberikan batas-batasan yang jelas sehingga meminimalisir kesalahan dan penyalahgunaan wewenang, serta menyatukan pedoman dalam praktik kefarmasian dan tidak terpisah-pisah sehingga dapat tercapai tujuan yaitu peningkatan kesehatan masyarakat.

 

Mahasiswa Farmasi yang merupakan calon-calon apoteker, mempunyai peran penting dalam mengawal maju RUU Kefarmasian agar segera disahkan menjadi Undang-Undang. Sikap-sikap yang bisa diambil dan dilakukan oleh mahasiswa dalam mengawal RUU kefarmasian hingga disahkan nantinya seperti memahami lebih dalam mengenai RUU Kefarmasian agar tidak salah persepsi dan agar tidak terbawa hoax yang beredar. Mahasiwa juga dapat memantau perjalanan RUU Kefarmasian dengan mengikuti kajian-kajian untuk memantau perkembangannya serta melakukan kolaborasi dan diskusi baik secara internal maupun eksternal untuk membahas mengenai RUU Kefarmasian ini.

 

RUU Kefarmasian menjadi topik yang dibahas pada Kajian Forum I yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 oleh Tim Kajian Kabinet Parama (KARMA) diikuti oleh 85 peserta. Pelaksanaan kajian dilakukan secara online melalui platform Zoom dengan narasumber Bapak Ipang Djunarko, S.Si.,M.Sc.,Apt. Forum Group Discussion (FGD) dilakukan pada akhir sesi dengan peserta yang menyampaikan aspirasi dan opini mereka mengenai pentingnya RUU Kefarmasian. Kajian forum I ini diikuti oleh mahasiswa farmasi Universitas Sanata Dharma. Diskusi berjalan lancar dan para peserta menyimak dan aktif bertanya. Dengan adanya kajian forum ini, diharapkan peserta kajian memperoleh informasi yang dapat menambah wawasan dan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa farmasi mengenai isu-isu kefarmasian sehingga nantinya dapat memahami dan ikut mengkritisi isu yang ada dalam dunia kefarmasian.

 

Ditulis oleh: Divisi Kaderisasi dan Kajian Strategis (KKS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *