Fakultas Farmasi USD Raih Juara 1 dan 2 “Patient Counseling Competition” Pharmacy Festival Universitas Indonesia 2019

Patient Counseling Competition (PCC) merupakan salah satu lomba dalam rangkaian acara Pharmacy Festival (PHARFEST) 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (BEM FF UI). Lomba ini merupakan ajang kompetisi akademis antar mahasiswa Farmasi di bidang konseling yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa farmasi dalam berkomunikasi dan memberikan konseling kepada pasien sebagai salah satu peran penting farmasis dalam rangka melaksanakan pharmaceutical care yang berkualitas.

Tahun ini Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma mengirimkan 7 orang delegasi untuk 2 kategori yaitu 5 orang delegasi untuk kategori beginner yang merupakan kategori untuk mahasiswa S1 dan 2 orang delegasi kategori Advance untuk mahasiswa profesi apoteker.

Lomba ini terbagi dalam 3 babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Mulai dari babak penyisihan banyak diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia seperti UGM, UI, ITB, UnPad, UIN Jakarta, dan sebagainya. Persiapan yang sudah matang dibawa para delegasi untuk berkompetisi di PHARFEST 2019. Dengan hasil yang memuaskan para delegasi Universitas Sanata Dharma berhasil melewati babak penyisihan.

Pada babak semifinal diambil 10 peserta terbaik. Pada kategori beginner seluruh delegasi USD berhasil lolos, 2 delegasi dari ITB, 1 delegasi dari UI dan 2 delegasi dari UGM. Setelah perjuangan yang begitu panjang akhirnya tibalah pada babak final dan hanya diambil 5 peserta terbaik, 3 delegasi USD lolos ke final, 1 delegasi dr UGM dan 1 delegasi dari UI. Namun pada akhirnya juara 1 dan 2 diraih oleh delegasi Universitas Sanata Dharma atas nama Eveline Trifena Suherman dan Angelina Rambu Ngana sedangkan juara 3 diraih oleh delegasi dari UGM.

Mungkin bagi Eveline Trifena, lomba kali ini menjadi lomba terakhirnya di kancah Patient Counseling Competition, Namun ia berharap dapat tumbuh penerus – penerusnya yang selalu bersemangat untuk berkompetisi di Patient Counseling Competition ini. Begitu juga bagi Angelina, kemenangan kali ini merupakan kemenangan pertamanya di bidang Patient Counseling Competition, kebahagiaan tentu mendatanginya sebagai pemenang, ia  tentu juga berharap kemenangannya kali ini dapat menjadi pemacu semangat bagi teman – teman dan generasi muda lainnya untuk semangat berkompetisi. Perjuangannya yang begitu panjang, dan latihan yang rutin dapat membuahkan hasil yang membanggakan bagi dirinya, keluarga, teman – teman, dan tentu saja bagi universitas tercinta, Sanata Dharma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *