Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Kembali Raih Prestasi Dalam Pharmaceutical Counseling Competition KOFEIN 2020

Pada awal tahun 2020, BEMF Farmasi Universitas Erlangga kembali menyelenggarakan KOFEIN 2020. KOFEIN (Kompetisi Farmasi Seluruh Indonesia) merupakan sebuah event nasional yang telah dikenal oleh pelajar SMA/Sederajat dan mahasiswa farmasi di berbagai wilayah di Indonesia. KOFEIN juga merupakan salah satu program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (BEM FF UNAIR). Hendaknya melalui kegiatan KOFEIN ini dapat menjadi wadah mahasiswa farmasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas sebagai calon farmasis-farmasis muda. KOFEIN 2020 bertemakan Diabetes Melitus.

 

KOFEIN 2020 menyelenggarakan berbagai cabang lomba, yaitu Olfar, CPSE, PCC, dan Essay Online yang telah dikemas secara menarik. Dalam KOFEIN 2020, khususnya cabang lomba PCC (Pharmaceutical Counseling Competition), merupakan kompetisi konseling mahasiswa SI Fakultas Farmasi di seluruh Indonesia. Melalui PCC ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya serta berkompetisi dengan baik dalam bidang konseling. PCC terbagi menjadi 3 babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Babak penyisihan peserta akan melakukan konseling, 3 (tiga) peserta dengan nilai terbaik akan masuk ke babak final.

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mendelegasikan 17 orang yang terdiri dari 4 tim delegasi CPSE (masing-masig tim terdiri dari 3 orang) dan 5 orang delegasi PCC untuk KOFEIN 2020. Secara khusus pada PCC, tema besar yang diangkat pada KOFEIN 2020 ini adalah “Kardiovaskuler”. Delegasi PCC atas nama Ni Made Yudhi Feby Bawantari dan Ratna Pratiwi Sesariani berhasil melewati babak penyisihan (berlangsung selama 10 menit) yang kemudian akan dilanjutkan dengan babak semifinal. Delegasi PCC atas nama Ni Made Yudhi Feby Bawantari dan Ratna Pratiwi Sesariani kembali berhasil melewati babak semifinal (berlangsung selama 10 menit) sehingga dapat maju ke babak Final. Dalam babak final hanya tersisa 3 perserta. Setelah berhasil melewati babak final yang berlangsung selama 15 menit dengan baik dan lancar, akhirnya delegasi PCC Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma atas nama Ni Made Yudhi Feby Bawantari berhasil meraih juara 1 dan Ratna Pratiwi Sesariani berhasil meraih juara 2.

Diharapkan dengan diperolehnya kembali prestasi ini, Tim PCC Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma dapat mempersiapkan delegasinya lebih baik lagi agar dapat mempertahankan juara yang telah diraih dan bahkan dapat meraih juara dalam kegiatan lomba-lomba PCC lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *