LPMAI USD Pada Kamis, 2 Februari 2023 dan Kamis, 9 Februari 2023 LPMAI mengadakan Lokakarya Pendampingan Akreditasi dengan tema “Excellence is not a destination; it is a continuous journey that never ends” di Hotel Keisha Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari prodi yang akan segera melakukan akreditasi yaitu Vokasi, Sastra Indonesia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kimia, dan Farmasi. Selain itu untuk mendampingi kegiatan ini LPMAI mengundang perwakilan UPPS dan beberapa narasumber untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi prodi yang akan segera melaksanakan akreditasi, beberapa narasumber yang mendampingi kegiatan ini yaitu Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. (Wakil Rektor I), Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd. (Ketua LPMAI), Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M. (Sekretaris SPMAIA), Y. Agus Sugiatno, S.Si., M.M. (Ketua SPMAIP), Kintan Limiansih, S.Pd., M.Pd. (Kaprodi PGSD), dan F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. (Asesor). Kegiatan lokakarya ini terbagi menjadi beberapa sesi dalam setiap harinya. 

Hari pertama lokakarya dibuka dengan sambutan dari Ibu Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd. selaku ketua LPMAI dan Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. selaku Wakil Rektor I Universitas Sanata Dharma. Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan sesi 1 yaitu arahan dari WR I tentang persiapan akreditasi oleh Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., pada sesi ini para peserta dijelaskan terkait dengan syarat unggul, 9 kriteria yang dinilai, indeks yang harus diperoleh USD, pengajuan akreditasi, dan terkait dengan pengajuan anggaran untuk akreditasi internasional. Lalu sesi 2 merupakan penyampaian peran manajemen unit dalam penjaminan mutu oleh Ibu Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd., dalam sesi ini beliau menjelaskan mengenai model organisasi penjaminan mutu, siklus PPEPP, borang akreditasi, dan UPPS. Setelah penjelasan mengenai peran manajemen unit dalam penjaminan mutu para peserta diminta untuk mengerjakan worksheet penyusunan deskripsi penjaminan mutu dalam akreditasi, worksheet yang sudah dikerjakan tersebut akan dipresentasikan pada hari berikutnya. Kemudian pada sesi 3 para peserta dijelaskan mengenai sistem informasi, dokumen, dan sarpas oleh Ibu Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M. dan Bapak Y. Agus Sugiatno, S.Si., M.M., pada sesi 3 ini dijelaskan mengenai SI SPMI, SI Terpadu, serta manfaat dan peran dari sistem informasi. Kemudian hari pertama kegiatan ini ditutup dengan sesi 4 merupakan best practice pelaksanaan akreditasi oleh Ibu Kintan Limiansih, S.Pd., M.Pd. dalam sesi ini Ibu Kintan Limiansih, S.Pd., M.Pd. berbagi pengalamannya menghadapi akreditasi PGSD hingga PGSD akhirnya bisa mendapatkan nilai Unggul. 

Hari kedua dibuka oleh sambutan dari Ibu Christiyanti Aprinastuti, S.Si., M.Pd. kemudian dilanjutkan sesi 5 sampai 7 yang didampingi oleh Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. Sesi 5 merupakan sesi kupas tuntas akreditasi oleh, pada sesi ini Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D menjelaskan mengenai makna akreditasi, tujuan akreditasi, tujuan AL, dan prinsip dasar asesmen lapangan selain itu juga pada sesi 5 ini para peserta perwakilan dari prodi diminta untuk berbagi pengalaman mereka terkait akreditasi. Pada sesi 6 Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. membagikan tips dan trik penulisan borang akreditasi, pada sesi ini juga dibagikan informasi mengenai cara penulisan, strategi penulisan, peran sistem dan asesor, dan mengenai beberapa informasi mengenai DPTS. Kemudian hari kedua ditutup dengan sesi 7 yaitu sesi pleno dan review worksheet, dalam sesi ini perwakilan setiap prodi memaparkan worksheet yang sudah dibuat, progress dalam penyusunan borang akreditasi, dan setiap prodi menyampaikan kendala yang dihadapinya. Setelah penyampaian dari setiap prodi Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. memberikan feedback dan saran kepada setiap prodi. Berkat semangat dari setiap peserta dan para narasumber kegiatan Lokakarya Pendampingan Akreditasi ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir acara.