Pusat Pengujian Bahasa

PUSAT PENGUJIAN BAHASA
Pusat Pengujian Bahasa merupakan salah satu unit di Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma yang menyediakan layanan tes dan kursus persiapan tes.
LAYANAN TES
TOEFL ® Institutional Testing Program (TOEFL ® ITP)
TOEFL® Institutional Testing Program (TOEFL® ITP) merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris  berskala internasional yang dapat diselenggarakan oleh instansi maupun universitas dengan harga terjangkau dan hasil yang terpercaya untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris pesertanya. Tes ini disusun dengan latar akademik guna mengukur kemampuan para penutur asing Bahasa Inggris. Tes ini dapat digunakan sebagai tes penempatan sesuai kemampuan berbahasa Inggris seseorang di lembaga-lembaga bahasa, seleksi masuk maupun syarat kelulusan perguruan tinggi di Indonesia, atau seleksi penerimaan program beasiswa, seperti Foreign Fullbright Program, Ford Foundation International Fellowship Program, Australian Development Scholarship, StuNed, DAAD (German Academic Exchange Service), PRESTASI, dan program beasiswa dari pemerintah, seperti SPIRIT, BAPPENAS. Disamping itu, TOEFL® Institutional Testing Program (TOEFL® ITP) juga merupakan bagian dari pelatihan dan program peningkatan jenjang karir pada institusi pemerintah dan kementrian.
Struktur tes TOEFL ® Institutional Testing Program (TOEFL® ITP) 
Kemampuan yang diukur dengan tes ini adalah:
  • Listening Comprehension mengukur pemahaman Bahasa Inggris secara lisan sebagaimana digunakan di perguruan tinggi.
  • Structure and Written Expression mengukur kemampuan tata bahasa sebagaimana digunakan dengan baik dalam tulisan.
  • Reading Comprehension mengukur pemahaman bacaan dengan latar akademik.
Section
Number of Questions
Administration Time
Score Scale
Listening Comprehension
50
35 minutes
31 – 68
Structure and Written Expression
40
25 minutes
31 – 68
Reading Comprehension
50
55 minutes
31 – 67
TOTAL
140
115 minutes
310 – 677
Pendaftaran TOEFL® Institutional Testing Program (TOEFL® ITP) 
Pendaftaran dilayani di Sekretariat Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma sebagai penyelenggara resmi TOEFL® Institutional Testing Program (TOEFL® ITP)setiap hari Senin - Jumat pada jam kerja. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan salinan kartu identitas serta pas foto.
TOEFL ® Institutional Testing Program (TOEFL® ITP)  diselenggarakan setiap bulan dan hasilnya dapat diambil 10 hari setelah mengikuti tes.
Tes Kompetensi Bahasa Inggris (TKBI)
Tes Kompetensi Bahasa Inggris merupakan instrument untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma melayani dua macam TKBI, yaitu Lisan dan Tertulis. TKBI ini ditujukan bagi kalangan internal Sanata Dharma, diantaranya seleksi calon Dosen dan Mahasiswa serta tes sebagai syarat yudisium mahasiswa S1 dari program studi non-Bahasa Inggris dan S2. 
Instrumen ini disusun berdasarkan standarisasi Common European Framework of Reference sehingga tes ini sangat valid dan terpercaya dalam menentukan tingkat kemampuan Bahasa Inggris seseorang.
LAYANAN KURSUS
TOEFL Preparation Course
TOEFL® ITP merupakan salah satu tes berskala internasional yang sering digunakan untuk mengevaluasi penguasaan dan kemahiran Bahasa Inggris seseorang. Skor TOEFL banyak diperlukan oleh berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri untuk beragam keperluan yang berkaitan dengan penilaian penguasaan dan kemahiran berbahasa Inggris seseorang. Untuk itu, Pusat Pengujian Bahasa pada Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan TOEFL Praparation Course yang dimaksudkan untuk mempersiapkan para pesertanya menempuh Tes TOEFL sehingga dapat mencapai skor yang maksimal.
Kegiatan dalam pelatihan ini meliputi anatara lain:
1. Latihan secara intensif untuk mengusai unsur-unsur bahasa Inggris.
2. Pengenalan tipe dan bentuk soal-soal padanan TOEFL.
3. Strategi mengerjakan soal-soal padanan TOEFL.
Materipelatihan mencakup: Listening Comprehension, Structure and Written Expressions, Reading Comprehension, dan simulasi padanan TOEFL (3x).
Fasilitas pelatihan meliputi bahan pelatihan, latihan-latihan, Lab Multi-media, Lab Bahasa, tes estimasi/simulasi TOEFL, sertifikat pelatihan, dan surat keterangan skor tes estimasi/simulasi TOEFL. Pada akhir pelatihan peserta akan memperoleh sertifikat TOEFL Prepartion Course dan skor-skor tes estimasi/simulasi TOEFL dengan syarat kehadiran 75 % dari keseluruhan waktu pelatihan.

  kembali