FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Program Studi Sejarah, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis peristiwa masa lalu secara kritis berdasarkan teori dan metode sejarah yang kokoh, sehingga mampu memberi sumbangan pemikiran dalam membentuk dan membangun masa depan bangsa yang berkesadaran sejarah.

 SELENGKAPNYA
Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Merayakan Lustrum VI

Pada Rabu, 3 Mei 2023 pukul 09:00 - 11:30 WIB, Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma mengadakan seminar puncak sebagai salah satu rangkaian acara Lustrum ke-VI Fakultas Sastra. Seminar ini mengusung tema “Tanggung Jawab Insan Sastra sebagai Global Citizen dalam Merespons Permasalahan Dunia”. Dalam seminar ini diundang Prof. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M. A., M. Phil., Ph.D., Guru Besar Antropologi Universitas Gadjah Mada dan Prof. Novita Dewi, M. S., M. A., (Hons.), Ph.D., ahli sastra Universitas Sanata Dharma sebagai pembicara, serta F. X. Risang Baskara, Ph.D sebagai moderator. Kegiatan ini dilaksanakan di secara hybrid (luring dan daring) di Ruang Seminar Driyarkara, di gedung auditorium Universitas Sanata Dharma dan melalui Zoom. Sebelumnya, perayaan Lustrum Fakultas Sastra Ke-VI ini juga diisi dengan kegiatan Anjangsana & Ziarah pada Senin, 20 Maret 2023 dan Bincang Alumni & Malam Keakraban pada 15 April 2023.

SELENGKAPNYA
Multatuli VS Everybody: UKPS Lawas Media Menyelenggarakan Diskusi Buku Max Havelaar melalui Perspektif Alternatif

Pada Selasa, 15 Maret 2023, UKPS Lawas Media Prodi Sejarah USD menyelenggarakan diskusi buku Max Havelaar yang ditulis oleh Multatuli. Diskusi ini bertajuk Multatuli VS Everybody dengan pembahasan utama mempertanyakan kembali kredibilitas substansi buku Max Havelaar dan dampak sosio-kultural yang dihasilkannya terhadap masyarakat Banten dari sejak buku ini ditulis hingga sekarang.

SELENGKAPNYA
Fakultas Sastra Menyelenggarakan Syukuran Wisuda

Pada Kamis, 16 Maret 2023, Fakultas Sastra menyelenggarakan Syukuran Wisuda untuk para mahasiswa Prodi Sejarah, Sastra Inggris, dan Sastra Indonesia yang akan diwisuda sehari setelahnya yakni 17 Maret 2023. Peserta wisuda adalah mahasiswa yang telah melakukan yudisium pada periode Agustus 2022 - Januari 2023.

Acara dibuka dengan pertunjukkan karawitan oleh mahasiswa yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Dua mahasiswa Sejarah turut bermain dalam karawitan itu yakni Wahyu Aji (angkatan 2022) dan Anung Purdian Nugrahajati (angkatan 2019). Wahyu Aji, mahasiswa yang kerap disapa Aji ini mengemukakan bahwa rangkaian acara yang khidmat ditambah dengan waktu persiapan penampilan yang singkat sempat membuat ia demam panggung. Aji menuturkan bahwa ini adalah kali pertama ia mengadakan pementasan karawitan saat menjadi mahasiswa di Universitas Sanata Dharma.
"Sempat gugup juga karena latihannya cuma dilakukan beberapa hari dan ini pertama kali saya tampil setelah jadi mahasiswa Sanata Dharma," ungkap Aji saat diwawancarai oleh Tim Lawas Media. Walaupun begitu Aji sudah berpengalaman karena ia sudah dikenal sebagai dalang muda.

SELENGKAPNYA

PMB

Silakan mendaftar disini.