S2 Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Melalui Menulis S2 Pendidikan Matematika USD Berbagi Kisah Inspiratif
24 April 2018
Melalui Menulis S2 Pendidikan Matematika USD Berbagi Kisah Inspiratif  :: S2 Pendidikan Matematika
Mahasiswa Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma melaksanakan Workshop Penulisan Reflektif Mahasiswa dengan tema: “Berbagi Cerita Inspiratif tentang Mendidik yang Berdaya Ubah (Pendidikan Transformatif)” pada Sabtu (21/04) sampai dengan Minggu (22/04). Workshop Penulisan Reflektif Mahasiswa ini diselenggarakan oleh prodi untuk kedua kalinya bertempat di Panti Semedi Sangkal Putung Klaten. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menulis cerita reflektif mahasiswa terkait nilai-nilai dasar FKIP USD.
Pada kegiatan kali ini diikuti oleh 30 peserta termasuk Dr. M. Andy Rudhito, S.Pd. (Kaprodi Magister Pendidikan Matematika) dan H. J. Sriyanto, M.Pd. (Guru matematika SMA Kolese de Britto) yang mendampingi dan membimbing peserta dalam penulisan reflektif. Peserta berangkat dari kampus III USD Paingan pada pukul 13.30 WIB dan tiba di Panti Semedi Sangkal Putung Klaten pada pukul 14.20 WIB. Peserta workshop penulisan reflektif kali ini terdiri dari berbagai daerah yang tersebar di Indonesia. Bersatu dalam satu mimpi untuk berbagi kisah inspiratif mengenai pendidikan yang berdaya ubah, entah orang lain yang mengubah kita ataupun sebaliknya.
Sesi pertama dimulai pada pukul 16.30 WIB mengenai gambaran umum dalam menulis kisah inspiratif oleh mentor. Selanjutnya dilakukan review topik tulisan beberapa peserta. Pada sesi ini, ada beberapa judul menarik yang ditampilkan dan dibahas bersama oleh peserta dan mentor. Setelah sesi pertama selesai dilanjutkan dengan sesi kedua pada pukul 19.30 sebagai lanjutan dari sesi pertama. Pada sesi ini terjadi diskusi menarik antara mentor dan peserta mengenai pengembangan suatu alinea berdasarkan ide pokok yang ingin disampaikan pada tulisan tersebut. Berbagai ide menarik dari peserta yang dikisahkan melalui tulisan reflektih kisah inspiratif.
Keesokan harinya pada pukul 08.00 peserta melanjutkan pengembangan tulisan dan didampingi oleh mentor. Sesi ketiga ini tak kalah menariknya dengan sesi-sesi sebelumnya. Semangat menulis peserta semakin berkobar-kobar, berbagai kisah menarik yang dikembangkan melalui tulisan mereka. Diskusi menarik menyambut pagi itu, sebagai serapan pagi peserta dalam mendengarkan beberapa arahan dari mentor. Tidak sebatas itu, mentor juga menampilkan sebuah tulisannya beberapa tahun silam mengenai kisah inspiratif saat menjadi seorang guru matematika. Hal ini sangat menginspirasi peserta sebagai gambaran untuk mengembangakan tulisan peserta. Pada pukul 10.30 dilanjutnkan dengan sesi keempat yaitu proses penyelesaian tulisan dan didampingi oleh mentor. Pada sesi terakhir ini berbagai bentuk motivasi yang sangat berharga diberikan oleh mentor kepada peserta. Salah satu pesan terakhir yang disampaikan oleh mentor pada penutupan kegiatan Workshop Penulisan Reflektif adalah: "jadilah agen perubahan dan tebarkan virus menulis di mana pun bumi dipijak setelah lulus dari S2 Pendidikan Matematika USD."
 
Oleh: Nadus Lamensa




Home
Profile
Berita
Agenda
Fasilitas
Akademik
Pengumuman
Pendaftaran Mahasiswa Baru
Bahan Ethnomathematics
Bahan Sistem Dinamika Diskrit
Materi Perkuliahan Semester Gasal
Publikasi & Prestasi Mahasiswa
Materi Perkuliahan Semester Genap
Pelatihan Guru
Download Buku-buku Panduan
Pedoman Praktek Pembelajaran Matematika
hal. 1  2  
© 2022 - S2 Pendidikan Matematika - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta