PROFIL

Daftar Mata Kuliah

UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi
Program Studi : Pendidikan Matematika

SEMESTER GENAP

Semester II

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Geometri Ruang 3/3 Geometri Bidang Mata kuliah geometri ruang merupakan mata kuliah wajib dengan beban studi 3 sks. Lebih jauh, mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah geometri bidang. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dasar dalam geometri ruang. Selain itu, mahasiswa diharapkan memahami macam-macam bangun di ruang beserta sifat-sifatnya. Dalam kuliah ini pertama-tama akan diperkenalkan konsep dasar dalam geometri ruang seperti titik, garis, bidang dan sudut. Selanjutnya dibahas sejumlah bangun ruang beserta sifat-sifatnya serta irisan bangun ruang. Topik topik yang terkait langsung dengan materi geometri sekolah menengah diberi penekanan pula pada aspek pembelajarannya di kelas.
2 Kalkulus Diferensial 4/4 Aljabar dan Trigonometri Mata kuliah Kalkulus Diferensial  merupakan mata kuliah wajib pada semester II dengan beban studi 4 SKS. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dasar mengenai limit dan turunan serta penggunaannya termasuk limit dan turunan fungsi-fungsi khusus. Selain itu, mahasiswa diharapkan memahami hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana limit dan turunan ini akan disajikan kepada siswa sekolah menengah dan mampu untuk mengajarkannya dengan baik. Perkuliahan juga akan dilengkapi dengan penggunaan GeoGebra dan Desmos untuk pembelajaran.
3 Pengantar Teori Bilangan 4/4 Aljabar dan Trigonometri Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan konsep-konsep dasar mengenai bilangan dan topik lanjutan sebagai bekal dalam mempelajari ilmu matematika yang lebih lanjut. Pada mata kuliah ini mahasiswa sebagai seorang calon guru diberi pengalaman-pengalaman yang menunjang kompetensi profesional guru. Topik-topik yang dibahas meliputi sistem bilangan dan sifat-sifatnya, induksi matematika, keterbagian, bilangan prima, dan teori kongruensi. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini didominasi dengan diskusi dan penugasan.
4 Psikologi Belajar dan Pembelajaran 3/3   Psikologi Belajar dan Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang mengasah kemampuan di bidang kependidikan. Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami proses belajar dan pendampingan/pengelolaan proses pembelajaran sebagai aktivitas pendidikan. Dalam matakuliah ini mahasiswa melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang meliputi presentasi, diskusi, sharing, observasi, dan melakukan refleksi atas materi dan pengalaman pembelajaran mereka.


Semester IV

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Aljabar Linear Elementer 4/4   Mata kuliah  Aljabar Linear Elmenter merupakan mata kuliah bidang keahlian yang dilaksanakan pada semester 3.  Pada mata kulian ini mahasiswa diharapkan  mampu  memahami konsep-konsep tentang matriks, sistem persamaan linear dan ruang vektor.  Selain itu mahasiswa juga diharapkan  dapat  menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matriks, sistem persamaan linear dan ruang vektor.  Adapun  materi yang akan dibahas antara lain : (1) dasar-dasar tentang matriks, operasi-operasi pada matriks, sifat-sifat dari matriks, determinan dan invers dari suatu matriks, dan sistem persamaan linear, (2) vektor, operasi- operasi, dan sifat-sifat vektor pada suatu bidang (3) ruang vektor, operasi-operasi pada ruang vektor dan sifat-sifat pada ruang vektor. Mahasiswa juga dibekali dengan penyelesaian masalah aljabar matriks dan vektor menggunakan  software komputasi dan menjadi lebih luas pilihan penelitian skripsinya. Mahasiswa juga akan dibekali konsep aljabar matriks dan vektor dalam memperluas wawasannya di bidang matematika terapan dan mempersiapkan studi lanjut. Pelaksanaan perkulihan menggunakan metode ceramah dan diskusi.
2 Pembelajaran Matematika SMA dan SMK 3/3 Pembelajaran Matematika SMP Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan pembelajaran matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran matematika di SMA dan SMK. Bahan yang dipelajari dalam  perkuliahan ini terdiri dari materi-materi matematika di SMA, materi-materi matematika di SMK ekonomi, dan materi-materi matematika di SMK Teknik.
3 Pembelajaran Matematika Realistik 3/3 Pembelajaran Matematika SMP Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu untuk (1) memahami filosofi dan karateristik dari pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, (2) memahami hipotesis lintasan belajar, (3) merancang hipotesis lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP, dan (4) merancang hipotesis lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk siswa SMA/SMK.
4 Program Linier 2/2   MK ini mengembangkan kemampuan mahasiswa mengaplikasikan matematika terapan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: masalah optimasi fungsi linear dengan kendala linear(PL). Saat mengaplikasikan, mahasiswa akan berkembang juga pola pikir logis mulai pada saat mengembangkan model masalah PL, maupun saat menyelesaikan model memakai metode penyelesaian PL (grafik, simplek). 

Proses tersebut dikawal agar mahasiswa bertanggungjawab atas proses dan hasil yang mereka susun secara mandiri dengan mencocokkan solusi memakai program aplikasi komputer. Selain itu, bertindak jujur dalam menafsirkan kembali (mengambil keputusan) penyelesaian kepada persoalan asal.
5 Psikologi Pembelajaran Matematika 2/2   Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami proses belajar dan pendampingan/pengelolaan proses pembelajaran matematika sebagai aktivitas pendidikan. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman akan teori psikologi dalam pembelajaran matematika beserta cara membimbing siswa menggunakan teori tersebut. Mahasiswa difasilitasi untuk melakukan berbagai kegiatan pembelajaran matematika yang meliputi presentasi, diskusi, sharing, observasi, dan melakukan refleksi atas materi dan pengalaman belajar matematika mereka.
6 Statistika Elementer 3/3 Teori Peluang Matakuliah Statistika Elementer ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan statistika elementer. Tujuannya adalah agar mereka mampu mengumpulkan, mengolah, dan kemudian menyajikan data observasi dengan tepat sehingga pihak lain dapat dengan mudah memperoleh gambaran mengenai sifat obyek dari data. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menarik kesimpulan berdasarkan data dari sampel untuk menggambarkan karakteristik atau ciri di populasi dan mahasiswa juga mampu melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik khususnya materi statistika yang terdapat di sekolah menengah.

Materi perkuliahan terdiri atas konsep dasar statistika, distribusi frekuensi dan grafiknya, ukuran statistik bagi data, distribusi sampling, penduga parameter dan pengujian hipotesis untuk sampel tunggal, dua sampel yang saling independen dan dua sampel yang saling berpasangan dengan statistika parametrik. Mahasiswa juga dibekali ketrampilan dalam menggunakan software R dalam setiap materi perkuliahan dan mampu membaca output R yang dihasilkan.


Semester VI

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Desain PMat SMA dan SMK 2/2 Pembelajaran Matematika SMA dan SMK Mata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip desain pembelajaran matematika SMA dan SMK yang mencakup kajian tentang pendekatan, model, metode, dan media pembelajaran matematika; kajian tentang  prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran matematika sekolah menengah; merancang penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen (tes dan nontes); kajian tentang komponen, proses penyusunan, dan praktik merancang  perencanaan pembelajaran matematika SMA dan SMK sesuai kurikulum terkini mulai dari penentuan minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
2 Diagnosis, Remediasi, dan Pengayaan dalam PMat 2/2   Mata Kuliah Diagonosis, Remediasi dan Pengayaan dalam Pembelajaran Matematika bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru suatu keterampilan dalam memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau membantu mengembangkan kemampuan siswa yang memiliki keunggulan atau bakat istimewa dalam matematika. Melalui kuliah ini, mahasiswa diajak untuk mengkaji teori-teori terkait dengan karakteristik siswa, yaitu siswa yang kurang bisa menangkap pelajaran sampai siswa yang cenderung memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dengan teori-teori tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal untuk melaksanakan kegitan diagnosis, remediasi atau pengayaan secara langsung ke sekolah.
3 Penelitian Tindakan Kelas 2/2 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika Mata kuliah ini mengembangkan pengetahuan dan pemahaman mengenai metodologi penelitian tindakan kelas serta mengasah keterampilan merencanakan sebuah usulan (proposal) PTK. Kepada mahasiswa pertama-tama diperkenalkan konsep dasar dan hakekat hekekat Penelitian dan  PTK (pengertian,tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, prinsip, dan karakteristik), model-model penelitian tindakan, prosedur penelitian tindakan kelas, dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan kelas dengan memberikan berbagai contoh penelitian tindakan kelas. Selanjutnya mahasiswa diarahkan untuk mendalami hal-hal yang berkaitan dengan rancangan dan pelaksanaan PTK yang meliputi; menentukan permasalahan dan fokus penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, hingga penyusunan laporan PTK.
4 Pengantar Analisis Real 2/2 Kalkulus Lanjut Mata kuliah Pengantar Analisis Real merupakan mata kuliah wajib dengn bobot 2 sks. Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep tentang sistem bilangan real dan mampu menyelesaikan masalah-masalah sistem bilangan real di antaranya yang berhubungan dengan supremum, infimum, himpunan terbuka, himpunan tertutup, dan barisan.
5 Riset Operasi 2/2 Program Linear Matakuliah ini merupakan matakuliah pilihan yang ditawarkan di semester 6 pada prodi Pendidikaan Matematika USD dengan beban 2 SKS. Matakuliah ini merupakan kelanjutan dari MK Program Linier. Dalam perkuliahan ini membekali mahasiswa mengenai konsep dan penerapan program linier lebih lanjut dan penyelesaiannya agar mahasiswa dapat menerapkan dalam masalah riset operasi yang muncul dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perusahaan. Mahasiswa juga dibekali dengan penyelesaian masalah Riset Operasi menggunakan  software komputasi dan menjadi lebih luas pilihan penelitian skripsinya. Mahasiswa juga akan dibekali konsep riset operasi dalam memperluas wawasannya di bidang matematika terapan dan mempersiapkan studi lanjut. Pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan ini  akan mengacu pada Pedagogi Ignasian, yang komponen-komponennya adalah konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Model pembelajaran dalam kuliah ini adalah Problem Based Learning dan Flipped Learning.


Semester VIII/Mata Kuliah Pilihan

No Nama Mata Kuliah SKS/JP Prasyarat Deskripsi
1 Analisis Kompleks 3/3 Aljabar Linear Elementer Mata Kuliah Analisis Kompleks pada hakikatnya merupakan mata kuliah yang membahas sifat-sifat sistem bilangan kompleks yang merupakan sistem bilangan yang lebih luas dari sistem bilangan real. Sifat-sifat yang dibahas antara lain, operasi aljabar bilangan kompleks, fungsi variabel kompleks, fungsi analitik yang meliputi turunan dan integral fungsi variabel kompleks, barisan dan deret bilangan kompleks serta topologi pada sistem bilangan kompleks. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai pemahaman yang komprehensif terhadap sistem bilangan beserta sifat-sifat yang ada dalam sistem tersebut.
2 Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Aljabar 3/3 Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Matematika Mata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip diagnosis dan  remediasi dalam pembelajaran aljabar, menelaah langkah-langkah pelaksanaan diagnosis dan remediasi dalam pembelajaran aljabar, dan melaksanakan praktik mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada materi aljabar dan praktik melaksanaan pembelajaran remedial berdasarkan diagnosis kesulitan tersebut.
3 Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Geometri 3/3   Mata Kuliah Diagonosis, Remediasi dan Pengayaan dalam Pembelajaran Matematika bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru suatu keterampilan dalam memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau membantu mengembangkan kemampuan siswa yang memiliki keunggulan atau bakat istimewa dalam matematika. Melalui kuliah ini, mahasiswa diajak untuk mengkaji teori-teori terkait dengan karakteristik siswa, yaitu siswa yang kurang bisa menangkap pelajaran sampai siswa yang cenderung memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dengan teori-teori tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal untuk melaksanakan kegitan diagnosis, remediasi atau pengayaan secara langsung ke sekolah.
4 Inovasi Pembelajaran Matematika 3/3   Mata kuliah Penulisan Inovasi Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah pilihan dengan 3 SKS. Dalam mata kuliah ini dibicarakan berbagai macam hasil evaluasi, tindakan reflektif, dan penelitian untuk melakukan inovasi pembelajaran matematika, khususnya dalam hal model dan media pembelajaran matematika. Sehingga pada akhirnya, mahasiswa akan memiliki bekal yang cukup untuk menjadi guru yang inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran.
5 Kapita Selekta Matematika 3/3   Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang mewadahi pembahasan kumpulan topik-topik terkini dan terpilih dalam bidang matematika. Dalam matakuliah ini mahasiswa diajak mempelajari artikel-artikel, mengembangkannya dalam penelitian kecil, menuliskan dalam artikel dan mempresentasikannya di kelas atau di forum seminar nasional.
6 Kreativitas Pembelajaran Matematika 3/3   Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman terkait kreativitas, manajemen keuangan dan pemasaran, perencanaan dan implementasi kegiatan/bentuk usaha/bidang kerja di luar sekolah, dan memberikan keterampilan bagi mahasiswa untuk mendalami, merencanakan, atau mengembangkan berbagai kegiatan/bentk usaha/bidang kerja di luar sekolah tersebut dalam rangka memfasilitasi berbagai macam kreativitas mahasiswa. Perkuliahan lebih didominasi oleh kegiatan eksplorasi mahasiswa terhadap suatu bentuk usaha tertentu/kegiatan/bidang kerja tertentu di luar sekolah untuk menggali bagaimana merencanakan, melakukan manajemen dan pemasaran, sampai  mengimplementasikannya.

Perkuliahan ini diberikan bagi mahasiswa tingkat akhir sebagai bekal alternatif untuk menciptakan lapangan kerja sendiri atau mengenal berbagai kegiatan usaha di luar sekolah.
7 Matematika Asuransi 3/3   Matakuliah Matematika Asuransi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan yang berhubungan dengan mortalita, anuitas, asuransi dan utillitas. Tujuannya adalah agar mereka mampu menghitung premi, anuitas, dan membuat tabel mortalitas. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui fungsi, makna dan kegunaan masing-masing teori dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penelitian yang akan mereka lakukan yang berhubungan dengan aktuaria. Selama perkuliahan mahasiswa di beri tugas-tugas dengan cara terjun ke lapangan, observasi perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa asuransi, anuitas dsb. Disetiap siklus diberikan tes tertulis untuk mengukur ketercapaian indikator pembelajaran.
8 Olimpiade Matematika 3/3   Olimpiade Matematika merupakan matakuliah pilihan dengan bobot studi 3 sks. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahaiswa diharapkan mampu mempersiapkan siswa SMP dan SMA dalam mengikuti olimpiade matematika, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dalam perkuliahan ini pertama-tama akan diperkenalkan sejumlah kompetisi/olimpiade matematika yang banyak diikuti siswa tingkat SMP atau SMA. Pengetahuan diperdalam dengan mengkaji lingkup materi setiap kompetisi/olimpiade serta kedalamannya. Selanjutnya diperkenalkan langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya serta topik-topik tak rutin yang banyak muncul dalam kompetisi/olimpiade matematika.
9 Penelitian Kuantitatif Pembelajaran Matematika 3/3 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai berbagai jenis penelitian kuantitatif, mampu merancang dan melaksanakan penelitian kuantitatif di bidang pendidikan matematika, dan mengelola kegiatan penelitian dalam pembelajaran matematika untuk menyelesaiakan masalah dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
10 Penelitian Pengembangan Pembelajaran Matematika 3/3 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika Penelitian Pengembangan Pembelajaran Matematika merupakan salah satu matakuliah pilihan bidang kajian penelitian pendidikan matematika. Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dua pendekatan penelitian lanjut dalam pembelajaran matematika yaitu Research and Development dan Design Research, menelaah topik-topik yang sesuai untuk diteliti, serta membuat rancangan penelitian di bidang pendidikan matematika sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Dalam matakuliah ini mahasiswa melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang meliputi presentasi, diskusi, observasi, dan melakukan refleksi atas materi dan pengalaman pembelajaran mereka.
11 Penelitian Tindakan Kelas 3/3 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai metodologi penelitian tindakan kelas serta memberikan keterampilan untuk mengimplementasikan pemahaman dalam suatu karya nyata berupa usulan (proposal) PTK dan penelitian empiris. Kepada mahasiswa pertama-tama diperkenalkan konsep dasar dan hakekat hekekat PTK (pengertian,tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, prinsip, dan karakteristik), model-model penelitian tindakan, prosedur penelitian tindakan kelas, dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan kelas dengan memberikan berbagai contoh penelitian tindakan kelas untuk selanjutnya diarahkan untuk mendalami hal-hal yang berkaitan dengan rancangan dan pelaksanaan PTK yang meliputi; menentukan permasalahan dan fokus penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, hingga penyusunan laporan PTK.
12 Penulisan Buku Ajar Matematika 3/3   Mata kuliah Penulisan Buku Ajar Matematika merupakan mata kuliah pilihan dengan 3 SKS. Mata kuliah ini ditujukan untuk melatih mahasiswa dalam penulisan buku ajar matematika yang berkualitas. Oleh karena itu, mata kuliah ini membahas tahap-tahap dalam penulisan buku ajar matematika, yaitu analisis masalah, analisis peserta didik dan konteks, analisis tugas, menentukan tujuan pembelajaran, pengurutan konten, menentukan strategi pembelajaran, merencanakan pesan, mengembangkan buku ajar, dan menentukan instrumen evaluasi.
13 Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Aljabar 3/3 Aljabar; Diagnosis, Remediasi, dan Pengayaan Pembelajaran Matematika

(Diskusi dengan DPA)
Mata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip diagnosis dan remediasi dalam pembelajaran aljabar, menelaah langkah-langkah pelaksanaan diagnosis dan remediasi dalam pembelajaran aljabar, dan melaksanakan praktik mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada materi aljabar dan praktik melaksanaan pembelajaran remedial berdasarkan diagnosis kesulitan tersebut.
14 Diagnosis dan Remediasi Pembelajaran Geometri 3/3

Aljabar; Diagnosis, Remediasi, dan Pengayaan Pembelajaran Matematika

(Diskusi dengan DPA)

Mata kuliah ini mengkaji teori dan prinsip diagnosis dan remediasi khususnya pada pembelajaran geometri sekolah menengah. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan pada semester 8. Strategi pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang lebih menekankan pada praktik mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada materi geometri dan praktik melaksanakan pembelajaran remedial berdasarkan diagnosis kesulitan tersebut. Oleh karena itu proses pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan diskusi dilanjutkan dengan praktik untuk mengimplementasikan penggunaan teori dan prinsip yang telah dipelajari.




Kembali