Fakultas Farmasi USD Selenggarakan Webinar Kesehatan Pemanfaatan Tanaman Obat

06/06/2022

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Mencegah Penyakit Hipertensi”. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Dies ke 27 Fakultas Farmasi USD. Acara ini diikuti oleh 303 orang yang berasal dari berbagai kalangan yaitu masyarakat umum, mahasiswa bidang kesehatan dan non kesehatan, serta tenaga kesehatan (apoteker, dokter, dan  bidan).

Webinar ini menghadirkan 3 orang narasumber yang merupakan dosen aktif di Fakultas Farmasi USD. Narasumber pertama adalah Dr. apt. Rini Dwiastuti yang membawakan topik “Tinjauan Penyakit Hipertensi: Gejala dan Penyebabnya”. Paparan Dr. apt. Rini Dwiastuti memberikan gambaran umum dan pemahaman awal tentang konsep hipertensi.  Dalam paparannya, beliau menyampaikan poin-poin penteng mengenai penyebab, klasifikasi, gejala, faktor risiko, pencegahan dan pengendalian hipertensi.

Narasumber kedua adalah Dr. apt. Christine Patramurti. Topik yang disampaikan beliau adalah “Risiko Hipertensi pada Perokok Aktif dan Pasif”.  Topik tersebut sejalan pula dengan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh beliau. Dr. apt Christine Patramurti menyampaikan bahwa kandungan nikotin di dalam rokok berpotensi menyebabkan hipertensi. Dampak berbahaya tersebut, dapat terjadi pada perokok aktif dan juga pasif.

Narasumber terakhir dalam webinar ini adalah Dr. apt. Erna Tri Wulandari yang menyampaikan topik “Memelihara Tekanan Darah dengan Tanaman Obat”. Dalam paparannya, Dr. apt. Erna Tri Wulandari menyampaikan bagaimana mekanisme tanaman obat dalam menurunkan tekanan darah. Materi berlanjut dengan informasi-informasi megenai tanaman-tanaman obat di Indonesia yang dapat membantu memelihara tekanan darah, seperti bawang putih, seledri, sambiloto, mentimun, bunga rosela, dll. Paparan diakhiri dengan pengolahan dan pemakaian obat dari bahan alam.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik dan aktif. Hal ini dibuktikan dengan pertanyaan dan diskusi dari peserta yang cukup banyak. Fakultas Farmasi berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. (DMV)

 kembali