Biohybrid Research Center of Sogang University-Harvard University-USD

16/08/2021

Pada bulan Juli 2021, Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma terlibat dalam kerja sama Internasional dengan Sogang dan Harvard University dalam pendirian Sogang-Harvard-Sanata Dharma University (SDU) Biohybrid Center 2021-2023. Project yang bertema “Overseas Excellent Research Institute Cooperation Hub Construction Project” yang didanai oleh Ministry of Science and ICT, Korea. Kerja sama ini berfokus pada translational research di bidang Tissue Engineering yang saat ini diinisiasi oleh Prof Kwanwoo Shin, Sogang University and Prof Kevin Kit Parker, Professor di School of Engineering and Applied Sciences (SEAS) at Harvard University sekaligus direktur Stem Cell Institute at Harvard University and the Advanced Therapy Center at Boston Children’s Hospital. Kerja sama tersebut melibatkan Agustina Setiawati (Nina), staff dosen Farmasi USD yang saat ini sedang menempuh studi Doktoral di institusi yang sama.

Selama periode kerja sama ini berlangsung, peneliti dan mahasiswa dari Sogang dan USD dapat melakukan pertukaran peneliti yang memungkinkan staff Dosen Farmasi USD untuk menggunakan fasilitas riset di Biohybrid Center, Sogang University; dan sebaliknya. Dengan demikian, harapannya dapat meningkatkan kualitas output penelitian bagi Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma. Kerja sama ini juga memungkinkan komersialisasi produk terkait tissue engineering hasil output penelitian yang telah dipatenkan dan telah dipublikasikan bersama.

Kegiatan pertama yang telah dilakukan dalam rangka kerja sama tersebut adalah International Conference on Energy, Aquatics and Sustainability pada tanggal 11 sampai dengan 13 Agustus 2021 di Seoul National University, Korea. Pada conference tersebut, beberapa dosen USD diundang sebagai pembicara dalam sesi berjudul” Biomedical Aspects for a Sustainable Society, as a part of Korea-Indonesia Collaboration”. Beberapa dosen tersebut antara lain Dr. Dewi Setyaningsih, Apt, Maywan Hariono, PhD, Apt dan dosen USD yang sedang studi di Sogang University yaitu Agustina Setiawati, M.Sc, Apt dan Monica C Ratri, M.Sc. Melalui forum tersebut Dr Dewi memaparkan hasil penelitiannya terkait teknologi untuk peningkatan solubilitas kurkumin, salah satu senyawa yang terkandung dalam kunyit Dalam kesempatan sama, Maywan Hariono PhD memaparkan mengenai eksplorasi bahan alam Indonesia sebagai anti kanker payudara sebagai salah satu upaya pemanfaatan bahan alam berkesimbungan. Dalam konferensi yang sama, Agustina dan Monica, USD yang saat ini sedang menempuh studi Doktoral di Sogang USD, memaparkan mengenai pengembangan scaffold dari extracellular matrix dan hydrogel sebagai bahan untuk tissue engineering. Melalui kegiatan ini diharapkan Universitas Sanata Dharma lebih di kenal di dunia Internasional melalui output riset yang telah dipresentasikan dan dapat membuka kesempatan untuk kerja sama yang lebih luas lagi. 

 kembali