Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

Profile SBED

SBED MM USD: FOKUS BIDANG PENELITIAN & PENGEMBANGAN

Keragaman persoalan usaha mikro, kecil, dan menengah memerlukan perhatian yang serius, serta kemampuan memilih bidang yang strategis. Oleh karena itu, SBED memfokuskan pada beberapa bidang penelitian dan pengembangan, sesuai potensi, jejaring dan kemampuan yang tersedia.

Beberapa agenda penelitian dan pengembangan pada usaha mikro, kecil dan menengah difokuskan pada:

1. Penelitian dan Pengembangan menyangkut kemampuan, kapasitas dan individualitas para pelaku ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Penelitian dan Pengembangan akses usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap sumber-sumber usaha produktif seperti peluang, keuangan, dan teknologi.

3. Penelitian dan pengembangan yang memperkuat  kebijakan dan evaluasi kebijakan bagi UMKM.

4. Penelitian dan Pengembangan yang meningkatkan pola dan daya saing sistematik pada kelembagaan UMKM.

5. Menyediakan layanan yang mengembangkan budaya belajar melalui konsultasi, pengaduan dan pembelajaran bersama/kolektif.

Kelima agenda di atas dikerjakan melalui penelitian dan pengabdian yang terintegrasikan dan terukur capaiannya. Penelitian, baik penelitian dasar dan terapan merupakan pintu terpenting dalam mengidentifikasi, menggambarkan, menjelaskan, mengkonstruksi keadaan UMKM pada level mikro, messo, makro dan meta. Bahkan melalui penelitian memungkinkan suatu analisis yang berfungsi menilai, mereposisi, mengevaluasi, mengubah dan menilai dampak dari kebijakan bagi UMKM.

© 2022 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta