Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Green Entrepreneurship Training (GET) Se-Kevikepan DIY - Angkatan VIII (Hari Ketiga)
30 October 2018
Green Entrepreneurship Training (GET) Se-Kevikepan DIY - Angkatan VIII (Hari Ketiga) :: Magister Manajemen
GET hari ke-3 menggangkat empat tema menarik, yaitu manajemen keuangan, menyiapkan rencana bisnis (business plan), menyiapkan proposal bisnis, dan pemasaran online. Keempat tema ini disajikan secara berurutan oleh bapak Santoso Tridadi, S.E, Robertus Agung Prasetya, S.E, M.M, Agus Susanto, S.Sos., M.M, dan Pambudi. Ketiga fasilitator awal identik dengan sistem keuangan dalam sebuah bisnis, mulai dari perencanaan, pengelolaan hingga pengendalian agar sumber daya dapat dimanfaatkan dengan optimal dan efektif.

Sesi pertama diawali oleh bapak Santoso Tridadi yang menekankan pentingnya manajemen keuangan bagi suatu bisnis dalam menentukan strategi atau pengambilan keputusan. Tanggung jawab pengelolaan dana usaha atau laporan keuangan adalah sesuatu yang paling dasar dalam manajemen keuangan. Pencatatan keuangan akan memberikan gambaran posisi usaha yang sedang dijalankan oleh para pelakunya.

Selanjutnya, bapak Robertus Agung Prasetya.,S.E, M.M selaku fasilitator kedua menegaskan secara mendalam rencana-rencana strategis yang dibuat untuk menjalankan bisnis. Rencana bisnis dibuat untuk menciptakan keberlanjutan usaha dan waktu menjadi kunci dalam penerapannya. Target-target yang telah ditetapkan dapat saja tidak tercapai karena melewatkan sejumlah kesempatan kecil. Selain itu, bapak Agung juga menjelaskan bahwa resiko akan selalu ada dan harus diketahui agar tahu atau mampu menyiapkan strategi yang tepat dalam menghadapinya.

Sesi ketiga setelah istirhat makan siang dilanjutkan oleh wakil direktur Bank Permata, bapak Agus Susanto yang memperjelas konsep proposal bisnis. Dalam dunia bisnis, proposal digunakan untuk menawarkan produk/jasa, kerjasama dan peminjaman uang. Tujuan proposal ini lah yang membedakan proposal satu dengan yang lain. Bisnis yang dijalankan juga dapat dilihat kembali karena dokumentasi rincian pengelolaan dan kondisi keuangan suatu bisnis.

Pada sesi terakhir atau sesi keempat, bapak Pambudi mengangkat konsep tentang pemasaran online. Dalam pemasaran online, perlu dipahami bahwa pesan yang disampaikan, orang yang menjadi sasaran dan waktu sampainya pesan benar-benar tepat. Bapak Pambudi melihat pemanfaatan internet dalam bidang ekonomi, mencari harga, membantu pekerjaan, membeli informasi, cari kerja, transaksi perbankan. Harus ada tujuan yang jelas untuk mengetahui apa yang ingin dicapai, dengan syarat dapat diikut, dapat dicapai, relevan, dan ada rentang waktu tertentu untuk mencapai tujuan tersebut. Pada bagian akhir, beliau menekakankan Workflow dari digital marketing yaitu berupa evaluasi, menetukan tujuan, strategi, taktik, mengukur. 

Pada saat membagi contoh soal keuangan dari pembicara. 


Peserta yang aktif dalam tanya-jawab. 


Segala aspek yang dibicarakan pembicara disimak baik oleh peserta.


Semangat bernyala-nyala dari pembicara GET hari ke-3


Foto bersama :D


Tidak kalah semangat juga ya, pak :D


Para peserta yang masih semangat!!!


Saling aktif berdiskusi juga :D


Harus tetap eksis yaa!!!


Penulis   : Tim Notulensi GET VIII 
hal. 1  ...  4  5  6  7  8  ... 22
© 2022 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta