Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

MM USD: HUT ke-1 Magister Manajemen USD
04 March 2015
MM USD: HUT ke-1 Magister Manajemen USD :: Magister Manajemen

Pada tanggal 23 Februari 2015, MM USD Yogyakarta genap satu tahun menyelenggarakan program S2 manajemen. Usia satu tahun adalah usia yang sangat muda bagi sebuah institusi pendidikan tinggi. Tentu saja masih banyak hal baru yang diperjuangkan MM USD untuk menjadi bussiness school yang unggul dan humanis. Dengan semangat kebaruannya, MM USD mengadakan peringatan ulang tahun ke-1 ini dengan serangkaian acara, yaitu: misa syukur dan pemberkatan  ruang-ruang belajar-mengajar, sambutan dan pemotongan tumpeng, ramah tamah dan makan bersama yang dimeriahkan oleh “KIDUNG” kwartet, dan ditutup dengan acara diskusi ilmiah dengan tema: “INTERNASIONALISASI PERAN MM USD DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN”.

Misa syukur HUT ke-1 MM USD ini dipimpin oleh Pastor R. In Nugroho Budisantoso, SJ,. Dalam rangkaian misa syukur tersebut, Pastor In Nugroho, SJ, pastor sekaligus dosen di MM USD, memberkati setiap ruang di area MM USD yang digunakan sebagai tempat belajar-mengajar. Prosesi pemberkatan ini bertujuan agar segala sarana dan prasarana yang tersedia di MM USD membantu para mahasiswa/i menjadi kaum intelek yang unggul dan sekaligus humanis. Harapannya, heritage Realino Mrican pada saatnya nanti berkembang menjadi pusat studi bisnis yang terpadu, berwawasan budaya, dan diakui secara internasional.

Rangkaian acara peringatan HUT MM USD yang ke-1 ini dihadiri oleh Bapak Rektor USD, Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc, Ph.D. Dalam sambutannya, bapak rektor mengajak para mahasiswa dan dosen MM untuk belajar dari tulisan Robert Kyosaki, yaitu berani menjadi pribadi yang sukses di bidangnya. Cerita singkat dari Robert Kyosaki yang disampaikan oleh bapak rektor tersebut harapannya menjadi motivasi bagi setiap pihak yang terlibat dan program MM USD untuk berani mulai berinvestasi dan berani menjadi pribadi yang sukses di bidangnya. Seusai sambutan, bapak rektor menerima potongan tumpeng dari salah satu mahasiswa pelopor, yaitu wakil mahasiswa angkatan pertama di MM USD.

Seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin kompleks, internasionalisasi menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak bagi institusi pendidikan tinggi di Indonesia. MM USD  Yogyakarta yang genap satu tahun menyelenggarakan program S2 manajemen tanggap akan kebutuhan tersebut. Sebagai persiapan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean di penghujung tahun 2015 ini, MM USD menghadirkan Bapak B.M. Purwanto, MBA, Ph.D, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FEB UGM, sebagai pembicara dalam diskusi ilmiah: “INTERNASIONALISASI PERAN MM USD DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN”. Diskusi ilmiah dimoderatori oleh Bapak Dr. Lukas Purwoto, M.Si, dosen Manajemen Keuangan, MSDM dan Metopen. Dalam diskusi ilmiah tersebut, Bapak B.M. Purwanto, MBA, Ph.D, mempresentasikan “Internationalization of Higher Education Institutions”, sebuah kerangka strategis mengenai internasionalisasi yang dapat ditempuh oleh pendidikan tinggi dalam menghadapi globalisasi. Diskusi ilmiah yang berlangsung sekitar sembilan puluh menit tersebut mendapat respon positif dari para peserta. Harapannya, presentasi dan model yang ditawarkan oleh nara sumber  mendorong segenap pihak yang terlibat dalam program MM USD (stakeholders) untuk berani mengambil langkah internasionalisasi dengan misalnya mengadakan immersion program, penelitian dan seminar internasional, student and faculty exchange, joint programs dan berbagai kegiatan strategis lainnya. Internasionalisasi sebagai realitas yang harus dihadapi setiap pendidikan tinggi yang segera akan dimulai dengan terintegrasinya negara-negara Asean di akhir 2015.

Kiranya semboyan “Diversity shines here- meet the bright future of ASEAN” menjadi semakin relevan di MM USD ketika setiap pribadi yang terlibat dalam program MM USD menyambut baik langkah-langkah internasionalisasi. Semoga di usia yang ke-1 ini, MM USD semakin giat memperbaiki diri, bertumbuh dan berkembang menghasilkan buah yang semakin unggul dan humanis.

 

hal. 1  ...  19  20  21  22  
© 2022 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta