Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Orientasi Studi Mahasiswa Baru Prodi MM
14 September 2023
Orientasi Studi Mahasiswa Baru Prodi MM  :: Magister Manajemen
Seputar Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (Pra-MM)  
Prodi Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma
28 Agustus – 4 September 2023.
Ditulis oleh:  Nor Shadrina Maesaroh dan Dola Destiyaripana, Mahasiswa PRP 2022
 
Kegiatan Pra-MM adalah kegiatan orientasi studi bagi mahasiswa baru Prodi Magister Manajemen USD, baik untuk mahasiswa Professional Regular Program (PRP), School Management and Leadership (SML), dan Program Master of Management in  International Tourism (MMIT). Kegiatan Pra-MM ini dilakukan agar mahasiswa baru mengenal lebih mendalam tentang Prodi Magister Manajemen dan perkuliahan yang akan dijalaninya. Jumlah peserta kegiatan pra-MM sebanyak 42 orang, terdiri dari 8 mahasiswa peserta PRP dan 34 mahasiswa Program SML, sementara 4 mahasiswa internasional peserta Program MMIT belum bisa bergabung karena masih terkendala urusan visa studi. Kegiatan Pra MM juga melibatkan 13 orang panitia yang bertugas mendampingi para peserta, dan juga 27 narasumber, baik dari lingkungan USD sendiri maupun dari luar universitas.
 
Kegiatan Pra-MM dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 4 September 2023, mencakup 4 materi setiap harinya. Kegiatan Pra-MM tersebut dilakukan di Rg. Video Conference dan di sekitar halaman Kampus II USD. Rangkaian acara Pra MM ditutup pada tanggal 4 september 2023 dengan seremoni penerimaan mahasiswa baru oleh Dekan Fakultas Ekonomi  USD, Misa syukur konselebrasi dipimpin oleh Romo Antonius Sumarwan, S.J., S.S., M.M., Ph.D. dan Romo Dr. James Spillane, SJ., dilanjutkan seminar pembukaan masa perkuliahan Semester Gasal TA 2023/2024 dengan tema “Artificial Intelligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan” dengan narasumber Romo. Drs. Hari Suparwito, SJ., M.App, IT., dan diakhiri dengan jamuan makan siang bersama.
 
Materi yang disampaikan selama 6 (enam) hari masa orientasi mencakup 5 (lima) topik besar, yaitu: Academic Writing, Introduction to Business, Financial and Economic Environment, Business Communication and International Business, dan Quantitative and Qualitative Method in Management. Materi-materi tersebut diberikan sebagai pembekalan sebelum dimulainya perkuliahan, mengingat bahwa latar belakang ilmu para masiswa baru beragam dan mayoritas bukan berlatar belakang ilmu ekonomi/manajemen. Selain materi tersebut, mahasiswa baru juga dibekali dengan  informasi tentang layanan Learning Management System (LMS) dan Sistem Informasi Akademik (SIA) yang berlaku di USD, dan juga materi mengenai layanan perpustakaan USD..
 
Secara ringkas, kegiatan dari sesi ke sesi selama masa orientasi adalah sebagai berikut:
 
Hari Senin, 28 Agustus 2023, kegiatan dimulai dengan materi Introduction to the Program yang disampaikan oleh Dr. Titus Odong Kusumajati, M.A, dilanjutkan dengan materi Popular Writing yang disampaikan oleh Bp. Heri Priyatmoko, M.A, diteruskan dengan materi Academic Writing oleh Romo Antonius Sumarwan, S.J., S.S., M.M., Ph.D, dan hari pertsama ditutup dengan  sesi tentang Publishing Paper yang disampaikan oleh Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Pd.D.
 
Hari Selasa, 29 Agustus 2023 diisi dengan materi The Dynamic Business and Economics yang disampaikan oleh Bapak Tiberius Handono Eko Prabowo., Ph.D, dilanjutkan dengan materi The Nature of Management yang dipandu oleh Dr. Herry Maridjo, M.Si, dilanjutkan dengan materi Customer Driven Marketing oleh ibu Ike Janita Dewi, MBA, Ph.D, dan ditutup dengan materi Managing Human Resources yang akan disampaikan oleh Bapak Tiberius Handono Eko Prabowo., Ph.D.
 
Rabu 30 Agustus 2023,  dimulai dengan materi Institutional Economic yang disampaikan oleh Dr. Antonius Budisusila, dilanjutkan dengan materi Introduction of Financial Management: An overview of Financial Management oleh Dr. Lukas Purwoto, disambung dengan materi tentang Accounting and Financial Statement yang disampaikan oleh Dr. Firma Sulistiyowati, Akt., dan materi terakhir adalah Microfinance - Financial Management yang disampaikan oleh Dr. Titus Odong Kusumajati M.A.
 
Hari Kamis 31 Agustus 2023 diisi dengan materi tentang Effective Communication, Winning Persuasion and Negotiating Skills yang disampaikan oleh Dr. Titik Kristiyani, M. Psi, dilanjutkan dengan materi tentang Emerging Issues and Challenges in International Business yang disampaikan oleh Bapak Tiberius Handono Eko Prabowo, Ph.D., disambung dengan  materi tentang Trending Issue of Environmental, Social and Governance yang disampaikan oleh Ms. Maria R. Nindita Radyati, PhD, dan yang terakhir materi tentang China Rising a new Economic Superpower yang disampaikan oleh Romo Antonius Sumarwan, S.J., S.S., M.M., Ph.D.
 
Hari Jumat 1 September 2023 dibuka dengan materi Pengantar Metode Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Manajemen yang dibawakan oleh Dr. Titus Odong Kusumajati, M.A., dilanjutkan dengan materi tentang Metode Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen yang dipaparkan oleh Dr. Lukas Purwoto, dilanjutkan dengan materi tentang Metode Kualitatif dalam Penelitian Manajemen yang dipandu oleh Bapak YB. Cahya Widiyanto, M. Si., Ph.D., dan kemudian ditutup dengan materi tentang Interdisiplin dalam dalam Penelitian Manajemen yang disampaikan oleh Ibu Josephin Wuri, M.Si.
 
Hari Sabtu 2 September 2023 secara umum diisi dengan sesi-sesi yang bermuatan pengetahuan dan ketrampilan teknis berkaitan dengan SIA yang berlaku di USD dan juga tentang layanan perpustakaan, dan juga hal-hal penting berkaitan dengan Pedoman Akademik, Pedoman Tesis, DPA dan DPT, dll. Narasumber yang terlibat adalah Dr. Titus Odong Kusumajati M.A., Ibu Christina Kristiyani, M.Pd., Ph.D., dan bapak Drs. Paulus Suparmo, S.S., M.Hum. Kegiatan pada hari Sabtu ini kemudian dilanjutkan dengan game tentang team building dipandu oleh panitia untuk membuat para mahasiswa baru semakin akrab satu sama lain.
hal. 1  2  3  4  5  ...  25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta