Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Budaya Literasi di Kalangan Pelajar
27 July 2022
Budaya Literasi di Kalangan Pelajar
By Odemus Bei Witono SJ - July 21, 2022

Badan PBB, UNESCO pada tahun 2016 menyebutkan bahwa Indonesia mempunyai skor indeks yang buruk soal literasi dunia. Minat baca di Indonesia tercatat hanya 0,001 %, artinya dari 1000, hanya 1 orang saja yang rajin membaca. Presentasi literasi yang minim, rupanya berbanding lurus dengan hasil PISA tahun 2019, yaitu Indonesia berada di urutan papan bawah.  Presentasi UNESCO dan hasil PISA 2019 sungguh memprihatinkan, karena hal itu terjadi di tengah hiruk pikuk penggunaan handphone pintar yang semakin canggih. Banyak orang bisa berjam-jam di depan HPnya untuk melihat konten-konten atau pesan-pesan singkat yang menarik, tetapi mereka tidak terdorong kuat untuk membaca e-book yang sangat mudah didapatkan.
Pembudayaan literasi di kalangan pelajar perlu dihidupkan dan dikembangkan secara optimal. Para guru, perlu memotivasi peserta didik secara khusus agar mereka berhasrat meningkatkan kualitas membaca, dan menulis dalam ruang pembelajaran. Para guru dalam komunitas pendidikan perlu menciptakan budaya literasi yang kuat.
 
Untuk membaca artikel selengkapnya klik disini. Odemus Bei Witono SJ adalah alumni Program Studi Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma dan saat ini menjabat sebagai Direktur Perkumpulan Strada.
hal. 1  2  3  4  5  ...  22
© 2022 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta