Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

WORKSHOP PENGGUNAAN STATISTIK DAN APLIKASI SPSS PRESENTER BY IR.IGNASIUS ARIS DWIATMOKO,M.S
20 November 2018
WORKSHOP PENGGUNAAN STATISTIK DAN APLIKASI SPSS PRESENTER BY IR.IGNASIUS ARIS DWIATMOKO,M.S :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News, Pada tanggal 7 November 2018,  MM USD kembali mengadakan Workshop bertemakan “Penggunaan Statistik dan Aplikasi SPSS untuk Penelitian dan Skripsi/Tesis” yang bertempat di ruang Video Conference MM USD pukul 08.00-11.00. Peserta berasal dari para mahasiswa S1 yang didominasi oleh mahasiswa program studi Manajemen dan Akuntansi yang saat ini sedang menyusun proposal skripsi/ berada di Semester 7 dan juga para mahasiswa S2 yaitu MM USD untuk menambah pengetahuan dalam menulis Tesis nantinya. Workshop menghadirkan narasumber yaitu  Bapak. Ir. Ignasius Aris Dwiatmoko, M.S. 

Seperti yang diketahui bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ke-2 setelah dilaksanakan di tahun 2015 dengan narasumber yang sama. Kaprodi MM USD Tiberius Handono Eko Prabowo, MBA, Ph.D mengharapkan peran aktif dari semua peserta untuk menanyakan kebingungan mereka mengenai statistika dan penggunaannya. Hal ini juga terkait dengan permasalahan cukup mendasar yang paling sering dihadapi oleh peneliti ataupun para mahasiswa baik S1, S2 bahkan S3 adalah ketidakmampuan bagaimana merumuskan permasalahan yang akan diteliti secara benar, kemudian menentukan alat statistik yang tepat untuk menganalisisnya. Namun dalam prakteknya sangat sering terjadi adalah sebaliknya, mahasiswa memilih/menetapkan alat statistik dulu baru mengkaitkan untuk mengatasi masalah.
 
Permasalahan lain terkait mahasiswa sepertinya hanya mengenal statistik parametrik semata, seperti regresi linier dan berganda, korelasi, SEM dan berbagai uji parametrik, walaupun banyak sekali alat analisis stratistik non parametrik yang bisa digunakan untuk menganalis permasalahan "lebih tepat", kata Dosen yang sering disapa dengan nama Pak Aris ini.
Acara berjalan lancar dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat antusias dari seluruh peserta baik S1 maupun S2 karena menariknya materi yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan penggunaan alat statistic. Mereka pun mengharapkan adanya waktu workshop yang lebih lama lagi kedepannya. Tepat pukul 13.00 acara selesai dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan menyantap snack yang telah disediakan.
 
Sekali lagi, terima kasih untuk kesediaan waktunya Pak Aris :) 


Sambutan Kaprodi MM USD yang menyambut hangat kedatangan semua peserta dari program studi S1 Universitas Sanata Dharma.


Pak Aris saat memberikan pengenalan awal mengenai statistika kepada para peserta.


Antusias dari peserta menambah semangat dari Pak Aris dalam membagi ilmunya dalam workshop kali ini.


Peserta yang merasa kebingungan pun langsung dapat menanyakan kepada Pak Aris.


Ucapan terima kasih dari MM USD kepada Pak Aris :)

Sesi yang ditunggu-tunggu, heheh foto bersama :D




Penulis : Tita Rupa
hal. 1  2  3  4  5  ...  25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta