Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Dr. J. HARYATMOKO, SJ, DOSEN MM USD – PANELIS DEBAT CAPRES (CALON PRESIDEN)
05 April 2019
Dr. J. HARYATMOKO, SJ, DOSEN MM USD – PANELIS DEBAT CAPRES (CALON PRESIDEN) :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News, Keluarga besar MM USD khususnya merasa bangga dengan dipilihnya Romo Dr J Haryatmoko SJ menjadi salah satu panelis debat keempat calon presiden (Capres) pada 30 Maret 2019. Romo Haryatmoko di MM USD sebagai Pengajar Mata Kuliah Etika Bisnis juga berperanan penting dalam mendesain positioning MM USD sejak awal berdirinya (2014) sebagai sekolah bisnis yang -  “Built in Business Ethics at all courses”. Romo Haryatmoko Pengajar Filsafat di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, banyak menyumbangkan pemikiran kritisnya dalam bidang filsafat, sosial politik, etika dan komunikasi. Dengan bahasa yang sangat lugas dan pemilihan kosakata yang cermat, tulisan-tulisannya telah banyak dipublikasikan baik berupa buku maupun artikel di banyak media demikian juga pengajar tamu di pasca-sarjana UI, UGM, UIN Sunan Kalijaga, Program Doktor PTIK, dan memberikan ceramah ataupun pelatihan di pelbagai perguruan tinggi di Indonesia; pelatihan etika bisnis dan penyusunan kode etik pada perusahaan-perusahaan nasional dan internasional. Menjadi Narasumber sejumlah acara di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Bank Indonesia, Komisi Pemilihan Umum, dan sebagai Direktur Training Etika Publik di Indonesian Center for Ethics.




Romo Haryatmoko SJ, lulus dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara pada tahun 1984. Ia kemudian melanjutkan studi program licentiate of theology di Brussel, Belgia (1985–1988, 1990), dan pada saat bersamaan dia belajar ilmu-ilmu sosial di Institu d’Etudes Sociales, Paris (1988–1989). Pada tahun 1993 ia berhasil menyelesaikan D.E.A (Diploma d’Etudes Approfondies) Antropologi dan Sejarah Agama-Agama di Universitas Sorbonne-Paris IV. Tahun 1996 secara bersamaan ia menyelesaikan doktor di bidang Antropologi dan Sejarah Agama-agama di Universitas Sorbonne-Paris IV dan Etika Politik (Moral Sosial) di Institut Catholique de Paris, Perancis dengan disertasinya berjudul Le statut épistémologique de l'enseignement social de l'Eglise catholique. Dari September 2010 sampai Juni 2011, ia mendapatkan International Visiting Fellowship dari The Woodstock Theological Centre, Georgetown University, Washington DC, USA untuk melakukan penelitian mengenai Public Ethics.

Pemikiran Romo Haryatmoko SJ tertuang antara lain dalam beberapa buku dan tulisan di berbagai media. Buku dan Antologi yang ditulisnya antara lain: Etika Politik dan Kekuasaan; Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi; Dominasi Penuh Muslihat: Akar Kekerasan dan Diskriminasi; Etika Publik: Untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi; Membongkar Rezim Kepastian: Pemikiran Kritis Post-Strukturalis; dan Critical Discourse Analysis: Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan. Romo Haryatmoko juga sangat produktif dalam menulis artikel yang dipublikasikannya. Setidaknya ada 17 Antologi yang dipublikasikan baik secara Nasional maupun Internasional. Demikian juga publikasi artikel di media masa nasional dalam 7 tahun terakhir terdapat sedikitnya 80 artikel menarik yang seringkali menjadi perhatian serius bahkan menjadi acuan banyak pihak khususnya terkait filsafat, sosial politik, etika, etika bisnis dan komunikasi.

Video dan Berita terkait:
Panelis Debat Capres Tandatangani Pakta Integritas.
Sembilan Panelis Debat keempat Capres 2019
hal. 1  2  3  4  5  ...  19
© 2019 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta