<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

Kontroversi AI Generatif dan Dampaknya terhadap Pendidikan
Magister Manajemen | 39 26 January 2024
Penulis: Odemus Bei Witono, Direktur Perkumpulan Strada, Mahasiswa Doktoral Filsafat STF Driyarkara Jakarta

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kontroversi AI Generatif dan Dampaknya terhadap Pendidikan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/26/165255365/kontroversi-ai-generatif-dan-dampaknya-terhadap-pendidikan.

Editor : Sandro Gatra

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

PADA akhir 2022, ada peristiwa besar peluncuran ChatGPT, terobosan dalam kecerdasan buatan generatif (GenAI). Inovasi ini tidak hanya memunculkan antusiasme dan kekaguman atas kemampuan GenAI dalam menghasilkan teks yang luar biasa, tetapi juga memicu gelombang kontroversi yang mendalam seputar dampak dan risiko etika yang mungkin terjadi pada berbagai sektor, khususnya dalam dunia pendidikan.

ChatGPT, sebagai alat GenAI yang revolusioner, membawa perubahan signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan teknologi. Meskipun demikian, muncul pertanyaan kritis seputar bagaimana GenAI, termasuk ChatGPT, dapat membentuk dan mengubah secara menyeluruh lanskap pendidikan, sebagaimana diuraikan oleh UNESCO (2023) dalam panduan mereka yang tertuang dalam buku "Guidance for Generative AI in Education and Research".

Dalam konteks tersebut, terdapat berbagai aspek kontroversi yang muncul seiring dengan meningkatnya popularitas dan penetrasi GenAI, bersama dengan risiko etika yang melekat dan implikasi terhadap pendidikan. Kendati teknologi kecerdasan buatan sungguh bermanfaat, ada sejumlah aspek krusial yang muncul dari kontroversi seputar GenAI di antaranya kemiskinan digital, permasalahan etika dalam pelatihan model, penggunaan konten tanpa izin, ketidakjelasan model, dan potensi ancaman deepfake yang semakin canggih.

Selain itu, kita akan mengeksplorasi bagaimana pemahaman terhadap dunia nyata dan keberagaman pendapat mungkin terpengaruh oleh penggunaan GenAI dalam lingkungan pendidikan. Melalui analisis mendalam ini, kita akan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana GenAI, seperti ChatGPT, dapat membentuk masa depan pendidikan dan bagaimana kita sebagai masyarakat dapat mengelola teknologi secara etis untuk mencapai kemajuan positif. Untuk membaca artikel selengkapnya silahkan KLIK DISINI.

lihat berita Magister Manajemen lainnya>>
hal. 1  

Kontak Kami

Sekretariat FE USD
Universitas Sanata Dharma,
Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY 55281
E-mail: fe@usd.ac.id
Telp: (0274) 513301 ex 1309
WA: 081328666553