Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

PENGEMBANGAN DESA WISATA & DESA MANDIRI BUDAYA DI KEL WEDOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN
F.EKO | 0 02 November 2021
PENGEMBANGAN DESA WISATA &  DESA MANDIRI BUDAYA DI KEL WEDOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN ::
    Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan acara pendampingan pengembangan desa wisata dalam kerangka Desa Mandiri Budaya di Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman. Konsep Desa Mandiri Budaya menjadi salah satu bentuk keistimewaan Yogyakarta. Pada prinsipnya, pengelolaan konsep desa Mandiri Budaya ini merupakan integrasi kerjasama antar pilar utama dari Desa Budaya (dari Dinas Kebudayaan), Desa Wisata (dari Dinas Pariwisata), Desa Preneur (dari Dinas Koperasi dan UMKM) dan Desa Prima (dari Dinas Sosial) yang bersinergi dalam ranah Paniradya Kaistimewan khusus untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Tim pendamping dari Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma adalah Dr. Ike Janita Dewi, Ferrynella Purbalaksana, S.E., M.M., Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M., Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti, M.Sc, Lucia Kurniawati, S.Pd., M.S.M. dan Drs. Rubiyatno, M.M. Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama lima dari dari tanggal 11 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 16 Oktober 2021.
   
    Kegiatan pendampingan diselenggarakan dengan memberlakukan protokol Kesehatan serta pembatasan jumlah peserta. Setidaknya 20 peserta yang berasal dari berbagai macam lembaga pengurus masyarakat desa, meliputi pengurus desa mandiri budaya, pelaku wisata, perwakilan desa prima dan perwakilan desapreneur yakni pelaku usaha kuliner. Peserta secara antusias mengikuti acara ini dari awal hingga akhir, selama lima hari dengan per hari sebanyak 3 sesi.


 

    Metode yang digunakan dalam pendampingan tidak hanya ceramah, akan tetapi berupa aktivitas yang melibatkan peserta misalnya diskusi secara kelompok kemudian presentasi hasil diskusi kelompok. Selain itu juga dilakukan permainan yang sesuai dengan materi sehingga secara langsung bisa dimaknai oleh peserta misalnya tentang perlunya sinergi. Peserta juga juga diminta menyiapkan foto, video atau bahan untuk melakukan praktek untuk materi yang berkaitan dengan pembuatan paket wisata dan digital marketing.



    Dalam salah satu sesi yang menarik, yakni peserta melakukan analisis SWOT, sehingga peserta dapat melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan desa wisata di Kalurahan Wedomartani, misalnya dalam hal kekuatan berhasil diindentifikasi potensi alam meliputi sungai, embung, aluran air, kebun/tegalan dan sawah, potensi sumberdaya manusia yang sudah berpendidikan memadai, potensi usaha yakni kuliner, kerajinan, perikana dan peternakan dan potensi budaya antara lain kethoprak, jathilan, sanggar budaya, tari, karawitan, gejok lesung, merti desa, merti kali, hadroh, perayaan pager wesi, dan budaya yang lain. Selain itu Kalurahan Wedomartai memiliki lokasi yang strategis sehingga mudah diakses, karena jalan yang baik, dan adanya jaringan dengan DinPar, DinKop, Disbud serta Dinas P3Ap2 yang sudah terjalin dengan baik. Berkaitan dengan kelemahan dapat teridentifikasi oleh peserta menyadari bahwa pengelolaan Alam dan SDM masih belum optimal. Hal lain perlu mendapat perhatian adalah peningkatan sinergitas antar pelaku wisata yang lebih produktif. Selain itu juga masih adanya warga yang kurang menyadari pentingnya perilaku sadar akan kelestarian lingkungan misalnya dalam hal kebersihan sungai. Hasil dari kegiatan yang bisa langsung dilihat dari kegiatan ini adalah ditemukan keunikan wisata di Kalurahan Wedomartani, yakni  wisata religi dan budaya yakni Candi Gebang, wiwitan, tambak boyo,  wisata edukasi dengan konservasi sungai dan makanan khas misalnya Sagon bentuk Candi dan Sego Wiwit.

hal. 1  2  3  4  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 081328666553
Media Sosial

        
© 2022 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta