Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

BISNIS SEJAK KULIAH HINGGA BERTAHAN KETIKA PANDEMI BERSAMA PLEB FE USD DAN LATIHID
F.EKO | 0 08 October 2021
BISNIS SEJAK KULIAH HINGGA BERTAHAN KETIKA PANDEMI BERSAMA PLEB FE USD DAN LATIHID ::
Pandemi menjadi salah satu fenomena yang disruptif dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Aspek terdampak mulai dari aspek kesehatan, aspek ekonomi, aspek pendidikan, dan berbagai macam aspek lainnya. Dampak negatif maupun positif atas adanya pandemi ini menjadi konsentrasi berbagai pihak untuk mencari solusi terbaik dalam mempertahankan diri, termasuk juga dalam dunia usaha. Banyak bisnis yang mengalami perubahan signifikan dalam hal operasional maupun performa mereka. Tidak sedikit pula yang mengalami kebangkrutan.
Fenomena inilah yang memicu Pusat Layanan Ekonomi dan Bisnis (PLEB) Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma dalam mempersiapkan mahasiswa matakuliah Kewirausahaan tahun ajar Semester Ganjil 2021/2022 agar usaha yang mereka bangun pada masa kuliah dapat bertahan secara berkelanjutan bahkan melewati pandemi dengan baik.

Hal ini dilakukan  dengan  membuat pelatihan dengan judul “Lika Liku Berbisnis Sejak Kuliah Hingga Bertahan Saat Pandemi”. Acara ini terlaksana atas kerjasama yang dilakukan Pusat Layanan Ekonomi dan Bisnis (PLEB) Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma dengan LatihID.  LatihID adalah salah satu usaha rintisan yang memiliki fokus untuk melakukan pelatihan online yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan secara berkelanjutan melalui media internet. LatihID menyediakan beberapa modul dan setiap modul terdiri dari beberapa pelajaran. Dalam kerjasama kali ini yang diadakan pada Sabtu, 25 September 2021,  founder Gepro.id  yaitu Zakaria  A R, diundang sebagai pembicara tamu. Peserta terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi, serta masyarakat umum yang memiliki bisnis. Setidaknya ada 400 peserta yang mengikuti kegiatan ini baik lewat zoom maupun youtube channel LatihID. 
Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang bertanya sampai waktu berakhirnya acara.



Zakaria memulai pengalaman berbisnisnya sejak mahasiswa yang dimulai dengan aktif mengikuti kegiatan PKM hingga menghasilkan prestasi Generasi Emas Produksi. Bisnis awal yang dibangun semasa kuliah ini bertujuan ingin membantu dental care namun memang masih belum baik dari aspek strategi bisnis. Bermodalkan ketekunan dan pantang menyerah, hingga kini Zakaria masih menjalani bisnis sebagai profesi utamanya.

Dimulai saat mengikuti pelatihan untuk mengembangkan bisnis hingga berakhir pada awal tahun 2021 covid masuk Indonesia yang menyebabkan 70-80% dokter gigi yang tidak memiliki pemasukan dari seminar dan praktik.  Di saat itulah upaya bagaimana cara mempertahankan bisnis dimulai. Pada awalnya support moral sangat membangkitkan semangat dengan mengikuti pertemuan via zoom untuk membicarakan kondisi saat itu. Kondisi pandemi saat ini, kita perlu melihat bisnis dengan sangat sederhana yaitu bisnis merupakan profit yang berasal dari omset dikurangi pengeluaran. Disini tidak ada salahnya jika para bisnis ingin mengejar omset, tetapi menekan cost dan mengurangi inventory juga memegang peranan yang sangat penting. Menekan cost dapat dilakukan dengan menggunakan ERRC (Eliminate, Raise, Reduce, Create) dan mendatangkan asset produktif  untuk menekan inventory. Selain itu juga perlu untuk memperhatikan produk apa yang akan dirubah dengan harga produksi rendah dan margin yang tinggi, produk bundling sehingga pembelian langsung dalam jumlah yang banyak.

Kerja keras, ketekunan, dan pantang menyerah adalah kunci dalam mempertahankan bisnis. Untuk itu bagi kita yang sedang memulai usaha, jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengeksplorasi peluang yang ada hingga mampu menangkapnya sebagai kesempatan emas untuk mengembangkan usaha kita. (fd & rb)

Link Youtube:
LIT 31 - Lika Liku Berbisnis Sejak Kuliah Hingga Bertahan di Masa Pandemi bersama Zakaria, GEpro-id

hal. 1  2  3  4  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 081328666553
Media Sosial

        
© 2022 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta