Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma

Biro Sarana dan Prasarana

HomeProfileBeritaAgendaFasilitasLayananDownloadKontak

 Profile

Sejarah .
Staff BSP ( Biro Sarana & Prasarana ) .
Prosedur Penggunaan Ruang dan Barang .
misi .
Sejarah

Biro Sarana dan Prasarana dibentuk pada tahun 2003, pada awalnya mengerjakan tugas pokok pemeliharaan gedung (building maintenance) baik yang terkait dengan konstruksi dan arsitektural maupun mekanikal elektrikal. Adanya tuntutan untuk menangani perawatan gedung secara profesional dan meningkatnya jenis dan macam asset yang harus ditangani maka dikembangkannlah tugas dan tanggungjawab yang berkaitan dengan pengadaan, perawatan dan penghapusan aset yang ada di Sanata Dharma.

Perawatan yang ditangani BSP meliputi.

  1. Konstruksi dan arsitektural : gedung, taman, pengecatan, sewage treatment,  Saluran Air Bersih, Saluran Air Kotor, Saluran Air Hujan.
  2. Mekanikal Elektrikal : AC, Lift, Pompa, Genset, hydrophore, Hydrant, Penerangan, Power.
  3. Jaringan : telepon, line alarm, fire alarm, listrik.


Disamping menangani perawatan juga menangani perbaikan serta perubahan-perubahan/modifikasi ruang, bongkar, bangun dan penambahan fasilitas yang diperlukan. Karena menyangkut aset, maka BSP berkoordinasi dengan Yayasan baik mengenai perencanaan maupun pelaksanaannya. Dalam perkembangannya beberapa personil dari Biro Administrasi Umum dimutasi ke Biro Sarana dan Prasarana. Pada tahun 2006 saat terjadi perubahan tatakelola di USD, ada pembenahan struktur organisasi dimana BSP mulai menangani sarana umum pembelajaran dan bengkel elektronik serta tugas pengadaan untuk barang investasi. Penanganan perawatan pun telah sepenuhnya menjadi tugas dan tanggungjawab BSP

Pada tahun 2008-2010 BSP dilibatkan dalam kegiatan penyempurnaan dan pengembangan Manajemen Aset yang dikemas dalam Program Hibah Kompetisi Institusi Tema-A (PHKI-A), Hibah dari Pemerintah/Kementerian Pendidikan Nasional dan Perguruan Tinggi. Saat ini sudah dikembangkan bidang Legal Audit, dan Sistim Informasi Manajemen Aset baik sistim informasi digital maupun terintegrasi dengan bidang lain (Biro Administrasi Akademik, Biro Layanan Umum dan Biro Keuangan).