USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

"Berani Beradaptasi dan Tak Henti Berkreasi"

diupdate: 2 tahun yang lalu



Senin pagi, 8 Agustus 2022, sekitar 900 mahasiswa baru nampak berbaris mengikuti Inisiasi Sanata Dharma (INSADHA) gelombang 1. Para mahasiswa baru tersebut dengan antusias melangkah memasuki lingkungan dan budaya baru di kampus Universitas Sanata Dharma. Para mahasiswa senior yang menjadi pendamping kelompok tidak kalah antusiasnya dalam menyambut dan membimbing adik-adiknya untuk beradaptasi di lingkungan kampus. Dua tahun setelah absen akibat pandemi, INSADHA kembali meramaikan suasana di berbagai sudut mulai dari lapangan Realino, auditorium Driyarkara, hingga ruang-ruang kelas di kampus Mrican. Pada tahun 2022 ini, INSADHA mengambil tema “Berani Beradaptasi dan Tak Henti Berkreasi”.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan USD, Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., menyampaikan, “Kami berharap teman-teman dapat semangat beradaptasi di dunia perkuliahan dan keluar dari zona nyaman. Sudah tidak ada lagi dikejar-kejar soal tugas dan lain-lain, maka semangat untuk beradaptasi harus dibangun dari sekarang.” Ibu Titik menekankan bahwa fleksibilitas dan kreativitas diperlukan untuk menghadapi ketidakpastian. Hal tersebut tidak berarti meninggalkan hal-hal baik yang sudah dipelajari selama pembelajaran daring, tetapi penting bari kita untuk berani mengambil cara-cara baru, berimprovisasi, beradaptasi, dan berubah agar bertahan di zaman yang terus bergerak. “Perubahan memang selalu tidak nyaman. Tetapi, kita sedang memperjuangkan sesuatu yang lebih bernilai daripada terus berada dalam zona nyaman. Mari kita bersama-sama antusias menyambut INSADHA," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia INSADHA 2022, Patricius Alvio mengungkapkan, “Kami sangat excited menyambut teman-teman baru. INSADHA tahun ini seperti new normal-nya INSADHA. Semua panitia semangat untuk berkolaborasi dan beradaptasi. Apalagi justru banyak dari kami (panitia) yang kemarin mengikuti INSADHA secara online”. Salah satu hal yang membuat INSADHA tahun ini berbeda dari sebelumnya adalah kegiatan Expo UKM dan Komunitas yang tak lagi berkonsep visitation namun berubah menjadi parade. “Nantinya teman-teman UKM akan melakukan parade di auditorium, supaya temen-temen maba enjoy dan nyaman. Pokoknya kami mau welcome temen-temen supaya merasakan kalau Sanata Dharma bukan sekadar tempat buat fill the void seperti gap year misalnya”, ungkap Patricius Alvio.

Dari tahun ke tahun, INSADHA juga menjadi pintu masuk bagi mahasiswa baru untuk mengenal nilai dasar USD, yaitu ‘Menghargai Keberagaman’.  Pada tahun ini, pantia INSADHA memilih musik, tarian, hingga aksen-aksen seni dari daerah Papua dalam jingle dan dekorasi kegiatannya. Kemeriahan dan kehangatan INSADHA yang dibagi menjadi 3 gelombang akan berlangsung hingga 16 Agustus nanti. Pada setiap gelombangnya, para mahasiswa baru akan dikunjungi oleh mystery guest untuk berbagi pengalaman dan inspirasi. Melalui sesi ini, para mahasiswa baru diharapkan memiliki motivasi yang kuat untuk mampu beradaptasi dan berkreasi dalam kehidupan baru sebagai mahasiswa di kampus USD.
Selamat datang mahasiswa baru!
 
(TBLTS & ABPH)

  kembali