USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelatihan Kerja Bidang Kepustakawanan bagi Guru SD Kanisius Sorowajan

diupdate: 2 tahun yang lalu

.
Staf Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (PUSD) memberikan pelatihan kerja bidang kepustakawanan bagi 6 guru dari SD Kanisius Sorowajan Yogyakarta, pada tanggal 14-28 Juli 2022 pukul 08.00-11.00 WIB di Ruang Diskusi 7 lantai 3 Perpustakaan Kampus Mrican.

Kegiatan pelatihan yang mengambil bentuk magang kerja ini dilaksanakan sebagai pengabdian masyarakat bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USD serta Program Studi PGSD USD. Dari kegiatan ini diharapkan para guru memiliki bekal pengelolaan perpustakaan dalam rangka menunjang proses pembelajaran. Selain itu, magang kerja ini juga dimaksudkan sebagai sarana mencetak tenaga pengelola perpustakaan yang professional dalam upaya SDK Sorowajan mempersiapkan Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Dalam magang kerja ini, para peserta dibekali dengan materi bidang kepustakawanan yang meliputi Pengantar Perpustakaan, Manajemen Perpustakaan, Pengembangan Koleksi, Pengorganisasian Koleksi, Pelayanan Pengguna, Preservasi Koleksi, Promosi Perpustakaan, Sumber Informasi Perpustakaan, Akreditasi Perpustakaan, serta Instalasi dan Pemanfaatan Software Senayan untuk Pengelolaan Perpustakaan Digital.

Staf Perpustakaan USD yang menjadi pembimbing adalah Drs. Paulus Suparmo, SS., M.Hum, YP. Supriyanto, S.Sos., Ag. Marsudi, S.Sos, E. Yani Sulistyowati, S.Sos, N. Suradi, S.IP, dan Francisca Rahayuningsih, MA. Salah seorang staf dari  BAPSI USD, yaitu Y. Joko Nugroho, turut mendukung dalam memberikan materi  Software Senayan.

Hasil tes yang diberikan sebelum dan setelah magang menunjukkan peserta dapat memahami materi-materi yang diberikan dan mengalami kemajuan signifikan. Selama magang kerja, peserta sangat antusias mengikuti materi. Beberapa peserta bahkan membawa pekerjaan rumah yang diberikan oleh para pembimbing. Peserta juga memberi penilaian yang positif terhadap materi-materi pelatihan, penyampaian narasumber, serta kelengkapan fasilitas yang diberikan. Salah seorang peserta, Agnes Ambar Wanito, S.Pd. menyampaikan terima kasih atas semua dukungan dari Universitas Sanata Dharma dan mengharapkan adanya pendampingan berkelanjutan dari staf Perpustakaan Universitas Sanata Dharma setelah kembali berkarya di SDK Sorowajan.
(Rn & YP)

  kembali