USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Informatika USD dan MGMP Informatika Kab Magelang Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas Guru

diupdate: 2 tahun yang lalu












Salah satu langkah strategis Kemendikbudristek dalam menghadaKurikulum Merdeka. Mapel Informatika ini isinya jauh berbeda dengan mapel Teknologi Informasi dan Komunikai (TIK) yang selama ini dikenal oleh para guru. Mapel TIK lebih berorientasi pada bagaimana menggunakan dan menerapkan informatika dan perkakas teknologi informasi lain ketika bekerja dengan informasi. Sedangkan mapel Informatika (Ilmu Komputer)berorientasi pada perancangandan pembuatan  produk-produk serta perkakas Informatika secara konseptual maupun praktik.

Merespon kebijakan tersebut, tim program studi Informatika Universitas Sanata Dharma (USD) yang terdiri dari 7 dosen dan dibantu oleh 4 mahasiswa  menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Peningkatan Kesiapan Guru Informatika SMP untuk Mengimplementasikan Mata Pelajaran Informatika dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini mendapat dukungan dana hibah pengabdian masyarakat dari LPPM USD. Berkolaborasi dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Informatika Kabupaten Magelang, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Magelang, Bapak Aziz Amin Mujahidin, M.Pd.pada tanggal 21 Juni 2022 di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Kegiatan direncanakan sebanyak 6 kali pertemuan secara hybrid (luring dan daring), dan diikuti oleh 81 orang guru Informatika SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Magelang dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Kadisdikbud Kabupaten Magelang menyambut baik kerjasama antara prodi Informatika USD dan MGMP Informatika Kabupaten Magelang ini. Lebih lanjut, Kadisdikbud menggarisbawahi pentingnya mapel Informatika dalam era digital. Melalui mapel Informatika, diharapkan mampu mengantarkan peserta didik tidak hanya menjadi pemakai teknologi melainkan juga menjadi pencipta teknologi. Selain itu, melalui mapel informatika siswa diharapkan dapat  belajar bersikap kritis dalam memilah dan memilih informasi yang valid, relevan, dan bermanfaat di tengah berlimpahnya informasi yang tersedia di internet.

Doni Wahyudi, S.T., selaku Ketua MGMP Informatika Kabupaten Magelang, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Selasa yang merupakan hari studi bersama para guru Informatika di Kabupaten Magelang bisa meningkatkan kompetensi para guru Informatika yang sebagian diantaranya bukan berlatarbelakang informatika.

P.H. Prima Rosa, M.Sc., dosen prodi Informatika yang menjadi koordinator program pengabdian masyarakat ini berharap agar kegiatan ini tidak hanya berhenti di ruang pelatihan, melainkan menjadi pemantik bagi guru untuk terus bereksplorasi memahami dan mendalami esensi mapel Informatika  yang bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menjadi “computationally literate creators” yang menguasai konsep dan praktik Informatika sebagaimana diamanahkan dalam kurikulum informatika sekolah dasar dan menengah.

(~PR01)

  kembali