USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Penerjunan Mahasiswa KKN USD Angkatan 64: “Bertumbuh dan Berkreasi Bersama Masyarakat”

diupdate: 1 bulan yang lalu




Kamis (30/06/2022) Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) Universitas Sanata Dharma (USD) melaksanakan kegiatan penerjunan mahasiswa peserta KKN Angkatan 64. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Driyarkara USD dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas USD. Peserta yang hadir di Auditorium Driyarkara adalah semua peserta KKN model luring dan perwakilan kelompok peserta KKN model hybrid. Sedangkan yang mengikuti penerjunan melalui siaran langsung di YouTube adalah semua peserta KKN model daring dan peserta KKN model hybrid non wakil kelompok. KKN akan dilaksanakan dari tanggal 30 Juni 2022 sampai dengan 29 Juli 2022 dengan mengusung tema “Bertumbuh dan Berkreasi Bersama Masyarakat”.

Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato., S.Pd., M.Si. selaku Kepala PKKN USD dalam laporannya menyatakan bahwa peserta KKN USD angkatan 64 berjumlah 1027 mahasiswa yang didampingi oleh 23 APL dan 6 DPL. Mahasiswa tersebut terbagi menjadi 150 peserta KKN model luring, 440 peserta KKN model daring dan sebanyak 437 peserta KKN model hybrid. Peserta KKN secara luring melaksanakan KKN di Desa Ngaliyan, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung serta Desa Karangwuni, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul. Kemudian peserta KKN hybrid melaksanakan KKN di Kelurahan Pandowoharjo, Kelurahan Gowongan, Kelurahan Terban, Kelurahan Sariharjo, Kelurahan Sardonoharjo, Kelurahan Donoharjo, Kelurahan Sinduharjo dan Kelurahan Catur Tunggal. Sedangkan peserta KKN daring melaksanakan KKN di daerah tempat tinggal yang bersangkutan.  Pelaksanaan KKN dilakukan dalam dua tahap yaitu persiapan dan penerjunan. Pembekalan secara daring dilakukan pada 7 April sampai 25 Juni 2022, sedangkan penerjunan dilakukan pada 30 Juni 2022 hingga 29 Juli 2022. Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato., S.Pd., M.Si. juga menegaskan makna dari tema KKN periode semester genap 2021/2022 adalah “mahasiswa dengan masyarakat berkreasi bersama dalam upaya membantu memecahkan permasalahan-permasalahan hidup dalam masyarakat terutama karena dampak Covid-19.”

Romo Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D. selaku pembina upacara dan Rektor USD juga menyatakan bahwa kegiatan KKN angkatan 64 diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa dalam bertemu dengan masyarakat secara langsung melalui hati, pikiran, tangan, dan kaki yang dibekali melalui pembelajaran dan kegiatan di kampus sehingga dapat menjadi warga yang terlibat sepenuhnya. Romo Bagus berharap kegiatan KKN yang dilakukan dalam tiga model pelaksanaan dapat menjadi wadah perjumpaan yang mengubah masyarakat secara nyata dan mendekatkan USD dengan masyarakat secara solutif dan kreatif. Puncak upacara penerjunan mahasiswa KKN angkatan 64 dilakukan dengan menyerahkan secara simbolis bendera 3C dan kartu KKN oleh Rektor USD kepada perwakilan mahasiswa.

(YBA & AMHDS)

  kembali