USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelatihan Pemanfaatan Software Mendeley bagi Sivitas Akademika USD

diupdate: 1 bulan yang lalu


Rabu, 22 Juni 2022 Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (PUSD) menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Software Mendele” Dalam Manajemen Referensi Penulisan Karya Ilmiah. Acara ini dilaksanakan 2 versi secara bersamaan, yaitu secara luring di Workstation Perpustakaan Mrican dan secara daring melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh tenaga pendidik, mahasiswa dan tenaga kependidikan USD. Pelatihan kali ini dibimbing oleh Francisca Rahayuningsih, MA staf Perpustakaan USD. Acara dipandu oleh YP Supriyanto, S.Sos yang berlangsung dari pukul 10.00 sd 12.00 WIB.

Drs. Paulus Suparmo, SS., M.Hum. selaku Kepala Perpustakaan USD dalam sambutan pembukaan Pelatihan Pemanfaatkan Software Mendeley ini menyampaikan bahwa PUSD sering kali mendapat permintaan untuk mengadakan pelatihan yang menunjang perkuliahan dan tugas akhir bagi mahasiswa. Namun ada keraguan dari pihak Perpustakaan USD, apakah pelatihan tersebut telah diberikan di kelas misalnya dalam mata kuliah Metodologi Penelitian. Tidak diduga ternyata Pelatihan Mendeley yang dilaksanakan hari ini banyak tanggapan positif dari para dosen, mahasiswa dan karyawan USD. Kegiatan hari ini dilaksanakan lebih pada sharing pengalaman menggunakan Software Mendeley daripada sekedar Pelatihan. Kegiatan tanya jawab akan banyak dilakukan untuk saling memperkaya pemahaman tentang Software Mendeley.

Ibu Rahayuningsih dalam pengantar acara ini menjelaskan bahwa Mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan oleh  Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, bernagi data penelitian dan berkolaborasi antar sesama ilmuwan/peneliti dalam sistem jaringan komputerisasi. Software mendeley ini sangat membantu sivitas akademika dalam membuat sitasi dan daftar pustaka. Selanjutnya dalam pelatihan ini dibuka forum diskusi antara narasumber dan peserta. Beberapa peserta diberi kesempatan untuk melakukan share screen dari pengalaman yang dilakukan dalam pemanfaatan Mendeley, sehingga pelatihan tersebut benar-benar memperkaya bagi semuanya.

Setelah pelatihan, peserta diminta untuk memberikan evaluasi terhadap materi, pembicara dan memberikan masukan yang dapat digunakan oleh PUSD dalam pengembangan kegiatan ke depan. Dari hasil evaluasi terhadap materi dan pembicara, peserta sangat puas akan pelaksanaan pelatihan Mendeley ini, dan berharap PUSD dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan lain untuk pengguna perpustakaan. Beberapa masukan kegiatan yang dapat dilaksanakan perpustakaan untuk waktu selanjutnya adalah: pelatihan akses jurnal online baik nasional/internasional, akses data base jurnal dan e-book yang dilanggan perpustakaan, pelatihan turnitin untuk cek plagiasi, pelatihan bibliometrik menggunakan vosviewer 2022, pelatihan kearsipan, pelatihan mendeley/zotero berkala untuk seluruh sivitas USD.

(HAS & FR)

  kembali