USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pembekalan Lulusan PMAT USD Menghadapi Dunia Pekerjaan

diupdate: 1 bulan yang lalu




Empowering our potential to get the dream career” adalah tema Workshop Kepribadian Pendidikan Matematika USD yang diselenggarakan pada 11 Juni 2022. Acara yang berlangsung melalui ruang Zoom ini diikuti oleh mahasiswa, baik dari USD maupun dari luar USD. Bapak Arie Frederik, S.Psi., MM selaku HR Manager PT Intera Lestari  Polimer dan Bapak Drs, Ignatius Agus Putranto, M.Si. selaku Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta menjadi narasumber pada workshop kali ini.

Pada sesi pertama Bapak Arie Frederik, S. Psi., membawakan dua topik yaitu tentang cara membuat CV dan bagaimana cara kita bersikap serta menjawab pertanyaan HRD saat interview dengan baik dan benar.   “Saya sangat mengapresiasi pendidikan di USD karena juga mendidik karakter mahasiswa dan itu tidak dijumpai di pendidikan kampus lain”, kata Bapak Arie Frederik di awal beliau menyampaikan materi. Dalam wawancara kerja  juga ada hal-hal penting yang harus diperhatikan seperti penampilan yang harus menarik, contoh pertanyaan wawancara, hingga negosiasi gaji. Bapak Arie Frederik juga menekankan kepada mahasiswa tentang pengenalan diri agar bertanggung jawab dalam menentukan pilihan.

Di sesi kedua, Bapak Drs. Ignatius Agus Putranto, M.Si. menekankan pada personal branding  dan teknik public speaking. Membangun suasana yang hangat, berinisiatif untuk menyapa interviewer terlebih dahulu adalah beberapa strategi untuk membangun personal branding. Teknik public speaking yang baik dan benar juga dapat membangun personal branding. Selain itu, dengan penguasaan public speaking pula kita dapat menyampaikan gagasan kita dengan menarik dan mudah dipahami. Di akhir sesi, Bapak Agus menantang para mahasiswa agar dapat menjadi guru matematika yang disenangi siswa serta siswa dapat menerima materi dengan mudah.

(ORK & MDS)

  kembali