USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Perayaan Ekaristi Akhir Semester Genap: “Mewartakan Kemuliaan Tuhan, Menghargai Martabat Manusia”

diupdate: 3 minggu yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) merayakan Ekaristi Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 pada Jumat 10 Juni 2022 bertempat di Kapel St. Robertus Bellarminus, Kampus I USD dan secara daring pada kanal YouTube Humas USD. Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Alexander Hendra Dwi Asmara, SJ ini mengangkat tema “Mewartakan Kemuliaan Tuhan, Menghargai Martabat Manusia”.

Sebelum Romo Alexander Hendra Dwi Asmara, SJ menyampaikan homili, ditayangakan video singkat terkait kesan beberapa mahasiswa dalam menjalani perkuliahan semester ini. Dion dari program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan rasa senangnya karena pada semester ini, perkuliahan tidak hanya dilakukan secara daring, namun perkuliahan hybrid yang menggabungkan antara daring dan luring. Dion juga merasa bahagia karena pada semester ini kegiatan komunitas dan kegiatan volunteer teaching yang diikutinya dapat berjalan secara luring. Agnes dari prodi Pendidikan Kimia dan Imanuel dari prodi Informatika, keduanya menyampaikan perkuliahan hybrid cukup nyaman untuk diikuti. Keduanya juga berharap, pandemi segera berakhir agar pada semester mendatang perkuliahan dapat dilaksanakan secara luring kembali.

Setelah tayangan video, Romo Hendra mengawali homili dengan menanggapi video kesan beberapa mahasiswa terkait dengan perkuliahan pada semester ini. Melalui perkuliahan hybrid membuat kemampuan adaptasi semakin teruji untuk menghadapi perubahan, sehingga menjadi pribadi yang lebih terbuka tanpa kehilangan arah dan prinsip sesuai dengan bacaa injil ini bahwa kita tidak tersesat dan mengalami penyesatan dalam masa pandemi. Romo Hendra juga  menyampaikan untuk tetap waspada terhadap apapun yang bisa menyesatkan dalam hidup, terutama relasi dengan iman. dan mengajak untuk mampu menemukan kehadiran Tuhan terutama dalam situasi sekarang ini dan pada perkuliahan semester-semester berikutnya.

Romo Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D. selaku Rektor USD pada akhir Perayaan Ekaristi mengucapkan rasa syukur untuk segala hal yang sudah dilewati pada semester ini. Romo Rektor mengajak untuk melihat ke belakang terkait dengan inovasi pembelajaran dan perkuliahan hybrid yang sudah terlaksana dengan baik, walaupun masih ada beberapa hal yang harus diupayakan agar lebih baik lagi. Beliau mengamati antusiasme kegiatan mahasiswa di sekitar kampus untuk menyambut era yang baru melalui interaksi bersama. Pembelajaran tidak hanya terpaku pada pemahaman kognitif dalam akademik melainkan melalui perjumpaan dengan dinamika bersama. Romo Rektor berharap nantinya mahasiswa dapat mengikuti dan berjuang dalam Ujian Akhir Semsester, kemudian pada semester selanjutnya mendapat kesempatan untuk berdinamika serta menyambut mahasiswa baru dengan sukacita sehingga membantu mahasiswa baru untuk dapat menemukan jati diri dan cita-cita.

(DPM & KNK)

  kembali