USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Dies Natalis 66 USD
Lomba dan Pameran Fotografi Lens Club USD: "Optimisme Ekonomi Pasca Pandemi"

diupdate: 1 bulan yang lalu




Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lens Club Universitas Sanata Dharma (USD) kembali mengadakan lomba dan pameran fotografi pada 17 November hingga 17 Desember 2021. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk rangkaian Dies Natalis USD ke-66 dengan tema dies “Transformasi Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19”. Tema kecil yang diangkat oleh UKM Lens Club sendiri adalah “Optimisme Ekonomi Pasca Pandemi'' dengan tujuan mengajak masyarakat luar dan juga mahasiswa untuk giat menunjukkan optimisme dalam menaikkan taraf ekonomi di tengah keterbatasan pandemi.

Pameran fotografi ini terlaksana sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta lomba fotografi yang sudah mengikuti proses pengumpulan karya. Pendaftaran peserta lomba dilakukan sejak tanggal 17 November sampai dengan 8 Desember 2021 dan dilakukan secara online dengan menyasar peserta lomba tingkat nasional. Pada kesempatan ini lomba dibagi dalam dua kategori, yakni kategori pertama mahasiswa dan umum kemudian kategori selanjutnya ialah pelajar SMA/SMK yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Jumlah pendaftar lomba secara keseluruhan berjumlah 90 orang yang menandakan tingginya antusiasme peserta pada kegiatan ini dari target awal yang ditetapkan panitia adalah 60 peserta. Tujuan diselenggarakanya lomba dan pameran fotografi ini agar peserta mampu menyalurkan minat dan bakat dalam fotografi serta mengasah kemampuan yang dimiliki.

Tanggal 9 - 12 Desember 2021 kemudian diadakan penjurian secara tertutup untuk memilih hasil karya foto terbaik diantara 90 peserta yang ada. Penjurian dilakukan oleh beberapa fotografer ternama seperti Agoeng Tosol, Rangga Wibisono, dan Misbachul Munir. Proses penjurian juga turut melibatkan beberapa panitia lomba dan pameran dari Lens Club sendiri untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Hasil penjurian menjadikan 70 peserta lolos seleksi dan kemudian dijadikan sebagai peserta pameran. Hasil penjurian juga kembali disaring untuk menentukan karya 3 terbaik dari dua kategori yang ada.

Kegiatan pameran kemudian dilakukan pada tanggal 14 Desember hingga 17 Desember 2021, berlangsung di Student Hall Kampus 1 USD Mrican. Pameran dibuka untuk umum dan diadakan setiap hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pembukaan pameran berlangsung pada tanggal 14 Desember 2021 pukul 15.00 WIB dan dilaksanakan secara luring di Student Hall Kampus 1 USD Mrican dan juga disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom. Acara pembukaan dihadiri oleh beberapa petinggi universitas seperti Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D selaku Rektor USD dan Martinus Martono, S.Pd selaku Kepala Biro Karir dan Alumni USD. Salah satu perwakilan juri, Agoeng Tosol juga turut hadir untuk mengikuti pembukaan pameran foto. Kemeriahan pembukaan acara juga turut dirasakan oleh beberapa peserta pameran yang hadir dan juga tamu undangan yang berasal dari UKM Fotografi di beberapa kampus di Yogyakarta. Acara pembukaan turut dimeriahkan oleh beberapa pengisi acara seperti sexen band dan juga Elmo band. Pameran dibuka untuk umum dan diadakan setiap hari pada pukul 10.00 – 20.00 WIB yang tentu saja tetap menerapkan protokol kesehatan. Kemudian panita juga tetap membatasi para pengunjung untuk melihat pameran secara langsung, pihak panitia berusaha menghadirkan pameran secara virtual yang dapat diakses melalui aplikasi artstep. Pengunjung dapat dengan leluasa mengakses alamat yang sudah diberikan panitia sebelumnya dan melihat pameran tanpa diberikan batas waktu.

Pada akhir acara, tepatnya tanggal 17 Desember 2021 penutupan pameran diadakan di Student Hall Kampus 1 USD Mrican pada pukul 16.30 - 19.00 WIB. Acara kembali disiarkan secara luring dan juga daring melalui aplikasi zoom. Acara penutupan pameran juga sekaligus ditujukan untuk mengumumkan hasil pemenang pada tiap kategori yang ada. Total hadiah yang diberikan oleh USD sendiri adalah sebesar 7,5 juta untuk 6 pemenang dalam 2 kategori peserta. Pada kesempatannya, Kusmanto selaku ketua panitia yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia USD menyampaikan harapannya bagi para peserta lomba dan pameran. Kusmanto mengatakan bahwa harapan besar panitia adalah agar para peserta dan pemenang semakin tertarik dalam dunia fotografi yang kompetitif, selain itu dengan adanya lomba ini kemampuan mengasah skill fotografi semakin meningkat dan meningkatkan pula nilai kreatif, inovatif, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

(YBA ADA)

  kembali