USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Klub Alat Peraga HMPS PMAT USD: Meningkatkan Kemampuan Merancang dan Membuat Alat Peraga

diupdate: 1 bulan yang lalu





Bagi sebagian peserta didik, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami karena matematika memiliki objek yang abstrak dan sulit untuk diimajinasikan. Hal tersebut dapat menyebabkan turunnya motivasi dan minat belajar peserta didik di bidang matematika. Oleh karena itu, kreativitas pendidik dibutuhkan untuk meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam pembelajaran matematika. Salah satu aktualisasi kreativitas tersebut adalah penggunaan alat peraga matematika. Alat peraga matematika dapat diartikan sebagai seperangkat benda yang dirancang, dibuat, dihimpun, atau disusun secara sengaja untuk membantu menanamkan konsep dan prinsip matematika secara efektif. Alat peraga ini dapat disajikan dalam bentuk konvensional dan digital yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan oleh pendidik. Alat peraga tersebut diharapan dapat membantu peserta didik memahami konsep matematika yang terkesan abstrak, sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari matematika.

Dalam rangka memenuhi tuntutan untuk guru matematika yang profesional, inovatif, dan kreatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) Universitas Satan Dharma (USD) memberikan fasilitas kepada mahasiswa Pendidikan Matematika di dalam program Klub Alat Peraga. Tujuan diadakannya program ini adalah sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengenal alat peraga matematika, melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa di dalam merancang dan membuat alat peraga digital dan konvensional, dan mempersiapkan mental mahasiswa agar mampu menerapkan konsep alat peraga dan media pembelajaran di dalam dunia pekerjaan. Di dalam program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk merancang dan membuat alat peraga digital yang didampingi oleh tutor dan alat peraga konvensional secara berkelompok. Pada setiap pertemuan, peserta akan menerima materi dan pengalaman baru, games, dan melakukan diskusi kelompok yang dapat menunjang kemampuan mereka.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh program ini adalah Live Instagram bersama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 13.00 WIB. Live dilaksanakan melalui Instagram HMPS Pendidikan Matematika (https://instagram.com/hmpspmat_usd). Terdapat tiga kelompok dengan total 10 peserta yang terpilih untuk mengikuti live. Peserta yang terpilih diajak untuk memperkenalkan dan mendemonstrasikan alat peraga yang mereka buat bersama dengan kelompok kepada penonton live. Alat peraga yang tampilkan adalah “Anak Tangga Matematika” untuk materi satuan panjang karya Kelompok 2, “FUNGSI” untuk materi relasi dan fungsi karya Kelompok 7, dan “Congklak KPK dan FPB” untuk materi KPK dan FPB karya Kelompok 9. Meskipun hanya ada tiga kelompok yang melakukan live, hasil karya peserta berupa video kreatif demonstrasi alat peraga dapat diakses di dalam akun TikTok Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (https://tiktok.com/@hmps.pmat_usd).

Dengan adanya kegiatan Live Instagram ini, diharapkan peserta dan penonton dapat meningkatkan minat dan kreativitasnya di dalam mengembangkan media pembelajaran dan alat peraga matematika.

(CRH)

  kembali