USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Webinar Pengabdian Sosial Mahasiswa APTIK 2021

diupdate: 1 bulan yang lalu




Jaringan Akademik dan Kemahasiswaan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia (JAKA APTIK) menyelenggarakan webinar pada tanggal 4 Desember 2021 dengan mengusung tema "Pengabdian Sosial Mahasiswa APTIK 2021". Webinar ini berlangsung secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung pada kanal YouTube. Webinar dimoderatori oleh Thomas Wahyu Prabowo, M.Pd. yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma (USD). Narasumber dalam webinar ini adalah Dr. Ir. Iswanjono., M.T., IPM dan Apri Damai Sagita Krissandi, S.S., M.Pd. Peserta yang mengikuti webinar berasal dari berbagai mahasiswa universitas katolik di Indonesia.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Rm. Paulus Bambang Irawan, S.J., S.S., M.Hum., S.T.D. selaku penanggung jawab kegiatan sekaligus Wakil Rektor III USD, yang menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan webinar ini adalah sebagai pengantar untuk menyamakan persepsi kepada mahasiswa APTIK mengenai bagaimana akan melaksanakan pengabdian sosial. Beliau berharap dalam kegiatan webinar ini, mahasiswa dan narasumber dapat sharing bersama, sehingga nantinya program pengabdian masyarakat dapat semakin berkembang. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Prof. Ir. Yoyong Afriadi, M. Eng., Ph.D, selaku Ketua JAKA APTIK sekaligus Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Harapan beliau dari terselenggaranya webinar ini, dapat menimbulkan gagasan-gagaran baru dalam kegiatan pengabdian masyarakat sehingga nantinya dapat bermakna bagi masyarakat luas.

Narasumber pertama, Dr. Ir. Iswanjono, M.T., IPM. berbagi pengalaman dan memberikan saran terkait pengabdian masyarakat dalam bidang sains dan teknologi. Beliau menyampaikan bahwa ada banyak peluang untuk dapat melakukan pengabdian. Berbekal pengetahuan serta pengalaman menjadi landasan. Beliau juga mengingatkan bahwa tujuan utama dari pengabdian adalah memberdayakan masyarakat secara langsung dan tidak langsung dengan cara memahami masyarakat serta mempersiapkan segala bentuk kegiatan dengan matang. Dengan begitu inovasi baru akan dapat bermanfaat dan menjadi sebuah solusi. Ia juga memaparkan beberapa contoh pengabdian dalam bidang sains dan teknologi:  pembuatan sistem pengering kayu, pembuatan kran air otomatis, dan pelatihan guru dalam menggunakan teknologi digital.

Narasumber kedua, Apri Damai Sagita Krissandi, S.S. M.Pd. menceritakan pengalaman dalam pengabdian dibidang pendidikan dan humaniora. Beliau berpendapat dalam melakukan pengabdian tidak hanya pikiran, namun juga mencurahkan jiwa dan hati dalam bentuk pemberdayaan. Mahasiswa memiliki peran dan fungsi sebagai penerus bangsa, penggerak perubahan, penguat moral bangsa, dan pengontrol kehidupan sosial. Beliau juga memberikan beberapa saran agar mahasiswa dapat berkontribusi dalam pengabdian dengan mengikuti berbagai kegiatan komunitas sebagai volunteer. Ia menuturkan dalam melakukan pengabdian, harus memperhatikan analisis sosial sehingga dapat merancang program kegiatan yang tepat sasaran. Beliau juga berbagi cerita terkait dengan pengabdian masyarakat yang sudah terlaksana di beberapa daerah yang ada di luar Pulau Jawa, yaitu di Mentawai dan Mappi Papua.

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Webinar diakhiri oleh pemaparan rencana tindak lanjut sebagai aktualisasi untuk menanggapi permasalahan dalam masyarakat oleh Rm. Paulus Bambang Irawan, S.J., S.S., M.Hum., S.T.D.

(KNK & BRW)

  kembali