USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Staf Perpustakaan USD Belajar Bareng Aplikasi Zoom

diupdate: 1 bulan yang lalu




Kamis (9/12) Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (PUSD) Menyelenggarakan kegiatan belajar bareng menggunakan aplikasi zoom dan menjadi host zoom meeting.  Kegiatan belajar bareng ini dilaksanakan secara luring yang diikuti oleh 16 staf Perpustakaan USD. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Workstation Perpustakaan USD. Belajar bareng menggunakan aplikasi zoom ini diprakarsai oleh Yohanes Widodo, SS. yang sekaligus menjadi trainer dalam kegiatan tersebut.

Pandemi Covid-19 membawa dampak positif bagi pengembangan teknologi informasi di segala aspek kehidupan. Di dunia pendidikan, semua kegiatan pendidikan/perkuliahan, penelitian dan pengabdian masyarakat lebih banyak dilaksanakan secara daring. Bahkan kegiatan seminar, pelatihan, pertemuan karyawan, rapat pimpinan semua lebih banyak dilakukan secara daring. Butuh sebuah terobosan baru bagi semua orang untuk dapat memanfaatkan teknologi yang kreatif dan inovatif. Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi, termasuk pertemuan/rapat daring adalah zoom. Di satu sisi kegiatan daring bagi sivitas akademika secara meningkat, di sisi lain ada gap kemampuan bagi sebagian besar staf dalam memanfaatkan media zoom ini baik sebagai host/co-host maupun sebagai peserta kegiatan. Untuk itu dibutuhkan sebuah kemampuan untuk menutup gap/kesenjangan bagi staf yang akan mengoperasikan zoom sebagai host/co-host, maupun staf sebagai peserta sebuah kegiatan yang memanfaatkan aplikasi zoom.

Dalam paparannya, Yohanes Widodo, SS. menyampaikan  bahwa keinginannya menyelenggarakan belajar bareng ini mendapatkan respon positif dari Kepala Perpustakaan USD. Mas Widodo, demikian panggilan akrabnya, menyampaikan bahwa ide belajar bareng ini selain karena memang sangat dibutuhkannya pelatihan bagi seluruh staf perpustakaan yang sering mengikuti kegiatan webinar untuk mendukung keprofesionalannya dalam menjalankan tugas, namun pengunaan zoom ini sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita dimanapun aktivitas kita, termasuk di lingkungan masyarakat kita berada maupun lingkungan gereja. Mas Widodo berani mengambil peran sebagai trainer dalam belajar bareng ini karena telah mendapatkan Pelatihan Operator Pengelolaan Kegaitan Daring yang diprakarsai oleh PPIP USD pada tanggal 18 Februari 2021.

Materi yang disampaikan mas Widodo tidak berbeda jauh dari pelatihan yang telah diikuti sebelumnya di PPIP, yaitu tentang Cara Login ke Zoom Meetings, Meeting Controls, Share Your Screen, Breakout Rooms, Life Streaming Youtube. Dalam kegiatan belajar bareng tersebut, semua staf dijelaskan mengenai cara login, bagaimana membuat new meeting, membuat jadwal meeting, dan mengelola semua fasilitas yang ada dalam aplikasi zoom. Semua staf langsung mempraktekkan dengan laptop dan di akhir sesi dibuka forum tanya jawab secara langsung. Harapan ke depan adalah staf Perpustakaan USD siap apabila ada kegiatan di perpustakaan untuk pemustaka, maupun untuk pustakawan yang memanfaatkan aplikasi zoom, semua dapat berperaan aktif sebagai host, co-host maupun sebagai peserta dengan lebih piawai.

(FR)

  kembali