USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. Guru Besar Termuda di USD

diupdate: 2 bulan yang lalu





Universitas Sanata Dharma (USD) pada tanggal 26 November 2021 menggelar acara penyerahan Surat Keputusan Guru Besar oleh LLDikti Wilayah V DIY bagi Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., dosen di Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD. Acara dilaksanakan secara luring dari Kampus 2 USD dan secara daring melalui aplikasi Zoom, serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas USD. Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Sanata Dharma, Rektor USD beserta jajarannya, Kepala LLDikti Wilayah V DIY beserta jajarannya, dan para dosen di lingkungan FST USD.

Pembacaan Surat Keputusan (SK) dilakukan oleh Fatimah, S.I.P., M.M. selaku perwakilan dari LLDikti Wilayah V DIY, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK Guru Besar oleh Plt. Kepala LLDikti Wilayah V DIY, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., kepada Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D., kemudian Rektor USD menyerahkan SK tersebut kepada Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. Dalam sambutannya, Prof Sudi mengapresiasi layanan proses pengajuan SK yang semakin cepat yaitu selama 7 bulan baik oleh LLDikti Wilayah V, Dikti Jakarta, maupun layanan internal Universitas Sanata Dharma. Prof Sudi juga menyampaikan bahwa sebagai seorang PNS yang dipekerjakan di USD, hal ini bukan berarti bekerja pada dua tuan, tetapi hanya satu tuan, yaitu dunia pendidikan. Disampaikannya pula selama proses memperoleh jabatan fungsional akademik, Prof Sudi mengajukan 64 karya ilmiah yang tiap karyanya sudah diulas oleh masing-masing 2 profesor dari berbagai perguruan tinggi. Prof Sudi berharap dengan jabatan fungsional akademik yang baru ini, dapat berkarya dengan lain baik, semakin berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara, semakin bisa menjadi kolaborator Jesuit yang lebih baik dalam karya dari waktu ke waktu sebagai pegawai USD.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. merupakan profesor termuda di lingkungan USD. “Prof Sudi ikut serta membangun reputasi universitas dan itu sangat mempengaruhi kiprah, kinerja, dan kontribusi kita sebagai perguruan tinggi”, tuturnya. Rektor juga menyampaikan bahwa peradaban kita sangat bergantung pada dua ilmu mendasar, yaitu fisika dan matematika. Matematika sebenarnya seperti cinta, pada mulanya sederhana, pada akhirnya rumit, Prof Sudi berhasil menghidupi dari yang mulanya sederhana dan pada akhirnya menjadi rumit tersebut.

Plt. Kepala LLDikti Wilayah V DIY, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. juga menyampaikan sambutannya dalam acara ini. “Selamat kepada Prof Sudi serta keluarga atas pencapaian jenjang karir yang tertinggi secara akademis, terutama dalam bidang sains yang masih sangat langka karena masih sedikit orang yang berkiprah di bidang tersebut”, tuturnya.

Acara penyerahan SK Guru Besar ini diakhiri dengan ucapan selamat dari berbagai pihak dan foto bersama dengan Prof. Ir. Sudi Mungkasi. Ph.D.

(SS & ASB)

  kembali