USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Berpartisipasi dalam Program Pertukaran Dosen dan Mahasiswa Internasional di India

diupdate: 2 bulan yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) berpartisipasi dalam program Confluence 2.0v yang diadakan oleh St. Aloysius College, Jabalpur, India. Confluence 2.0v merupakan program pertukaran dosen dan mahasiswa yang dilakukan secara online dalam cakupan Internasional. Program ini diikuti oleh 13 Perguruan Tinggi di India, 2 Perguran Tinggi di Filipina, dan 1 Perguruan Tinggi di Indonesia, yakni Universitas Sanata Dharma. Program dilaksanakan selama 2 minggu mulai tanggal 18 September 2021 hingga 1 Oktober 2021. Di dalam program ini mahasiswa tidak hanya mengikuti kegiatan akademik tetapi juga kompetisi antar Universitas dari berbagai negara.

Partisipasi Universitas Sanata Dharma diwakili oleh 8 mahasiswa dari 8 program studi. Mahasiswa tersebut adalah Veronika Putri Patricia dari Pendidikan Biologi, Patricia Priska Rambing dari Pendidikan Fisika, Cornelia Elviera Denori dari Pendidikan Bahasa Inggris, B. Globin Angela dari Psikologi, Sylvin Karin Clara Rumondang dari Matematika, Yustina Jessica Devita dari Teknik Mesin, Dorothy Patricia M dari Teknik Elektro, dan Chornelia Chrisentya Devi dari Informatika. Tiga dosen dari 3 program studi di Sanata dharma juga berpartisipasi di dalam program ini. Ketiga dosen tersebut adalah Bapak Simon Arsa Manggala, S.S., M.Hum. dari Sastra Inggris, Bapak A. Prasetyadi, M.Si. dari Teknik Mesin dan Romo Drs. Hari Suparwito, S.J., M.App.IT. dari Informatika.

Program dimulai di hari Sabtu, 18 September 2021 diawali dengan pemberian kata sambutan dari ketua panitia program confluence, pemutaran video perkenalan dari berbagai Universitas peserta, dan kompetisi kecil tentang pengetahuan akan perguruan tinggi masing-masing peserta. Setelah acara pembukaan, program dilanjutkan dengan kegiatan akademik dan kompetisi selama 2 minggu atau 9 hari kerja. Para mahasiswa mengikuti kompetisi fotografi di tanggal 20 September 2021, debat di tanggal 24 dan 25 September 2021, studi kasus di tiap-tiap kelas setiap hari, dan lomba tari di tanggal 29 September 2021.

Para dosen juga mendapatkan kesempatan menjadi narasumber di perkuliahan dengan topik dan di hari yang berbeda-beda. Bapak A. Prasetyadi, M.Si. memberikan materi tentang Digitalization and Industry 5.0 – Implications on different domains pada tanggal 22 September 2021. Romo Drs. Hari Suparwito, S.J., M.App.IT. berkesempatan menyampaikan materi tentang Agile Data Science pada tanggal 24 September 2021. Bapak Simon Arsa Manggala. S.S., M.Hum. menyampaikan materi tentang Attitudes towards children in folktales di tanggal 25 September 2021.

Selain itu di tanggal 29 September 2021 Universitas Sanata Dharma juga mendapatkan kesempatan untuk menutup acara pada hari tersebut. Acara ditutup dengan kata sambutan dari Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor Universitas Sanata Dharma dan Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. selaku Wakil Rektor 4. Setelah itu mahasiswa peserta dan dosen dari Universitas Sanata Dharma menutup dengan video lagu motivasi.

Pada tanggal 1 Oktober 2021 di akhir program semua peserta bertemu secara daring melalui zoom. Panitia mengumumkan penghargaan-penghargaan bagi setiap pemenang. Universitas Sanata Dharma mendapatkan 5 penghargaan. Yang pertama adalah penghargaan sebagai Narasumber Terbaik yang didapatkan oleh Bapak A. Prasetyadi. Penghargaan kedua adalah Juara 1 lomba tari dengan skor 139 yang diikuti oleh B. Globin Angela, Sylvin Karin Clara Rumondang, dan Chornelia Chrisentya Devi. Lalu penghargaan berikutnya adalah Juara 3 lomba debat yang diikuti oleh Cornelia Elviera Denori dan Dorothy Patricia M dengan skor 68,5. Penghargaan berikutnya didapat oleh Dorothy Patricia M sebagai Juara 1 di kelas Engineering dengan skor 172 dan Yustina Jessica Devita sebagai Juara 3 di kelas Engineering dengan skor 159.

(AAS)

  kembali