USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PBI USD Menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Instrumen dan Mekanisme Pengukuran PLO dan CLO

diupdate: 2 bulan yang lalu




Setelah dihasilkan dokumen perencanaan pembelajaran yang mencakup RPS, modul dan kisi-kisi, kegiatan selanjutnya difokuskan untuk menyusun instumen dan mekanisme pengukuran PLO dan CLO. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 September 2021 di Hotel Rohan Jogja dan dihadiri oleh 25 orang  dan kemudian dilanjutkan secara daring pada tanggal 9 Oktober 2021. Dosen yang terlibat adalah tim kurikulum sejumlah 8 orang and sisanya adalah para dosen yang mewakili kelompok mata kuliah language element dan skills, pedagogy, linguistics dan literature. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Markus Budiraharjo, S.Pd., Ed.M., Ed.D. dan Ibu V. Triprihatmini, S.Pd., M.Hum, M.A. sebagai moderator. Notulis dari  kegiatan ini adalah Ibu Mega Wulandari, S.Pd., M.Hum.

Dalam kegiatan yang menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini membahas capstone courses yang menjadi penanda pencapaian Program Learning Outcomes (PLOs). Diskusi diawali dengan penyampaian makna capstone course, dan dilanjutkan dengan penetapan captone course serta diskusi kelompok terkait pembuatan instrumen dan mekanisme pengukurannya. Pengukuran PLO dilakukan di beberapa mata kuliah yang dianggap sebagai capstone course. Capstone Courses adalah mata kuliah kulminasi yang dipilih sebagai indikator pencapaian PLO. Untuk mata kuliah pedagogi, capstone course-nya adalah PLP, dan mata kuliah Micro Teaching ditetapkan sebagai semi-capstone. Kemudian terdapat juga UKCG PBI (Test pre-micro-teaching).

Untuk mata kuliah language elements and skilss, capstone course-nya adalah Advanced Grammar in Use, Standardized Test, dan Thesis. Untuk mata kuliah linguistics, capstone course-nya adalah Linguistic Competence Test (LTC). Untuk mata kuliah literature, capstone course-nya adalah English Play Performance. Untuk PLO 3, ditetapkan capstone course yaitu Service Program Design.


TWPM & CK)

  kembali