USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Lokakarya Tinjauan Kurikulum OBE

diupdate: 2 bulan yang lalu




Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 dengan narasumber Dr. B.M. Purwanto (Dosen FEB UGM). Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan keterkaitan antara visi dan misi, tujuan, sasaran, paradigma Pedagogi Ignasian (PI) dalam pembelajaran dan profil lulusan dengan rumusan Program Learning Outcomes (PLOs) dan Course Learning Outcomes (CLOs). Lokakarya ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Terdapat sejumlah peserta turut serta dalam kegiatan ini, yaitu dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris, dan beberapa undangan dari LPMAI (Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal). Moderator dalam kegiatan ini adalah: Bapak Markus Budiraharjo, Ed.M., Ed.D., dan Ibu Rina Astuti P., S.Pd., M.Hum sebagai notulis. Kegiatan lokakarya ini dihadiri oleh 29 peserta.

Kegiatan ini dilakukan melalui diskusi dan pemberian masukan terhadap konsep kurikulum Outcome Based Education (OBE) yang telah disusun. Komentar juga diberikan terkait dengan keterkaitan visi dan misi, tujuan, dan sasaran dalam kurikulum. Dapat dilihat juga mengenai Paradigma Pedagogi Ignasian (PI) dan rumusan Program Learning Outcomes (PLOs) and Course Learning Outcomes (CLOs).

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan revisi berdasarkan masukan yang kemudian menghasilkan penggabungan PLO dari 4 PLO menjadi 3 PLO. Selain itu, dihasilkan juga pemetaan CLOs dalam kaitannya dengan pencapaian 3 PLOs. Melalui lokakarya ini dihasilkan pemetaan CLOs ke PLO program studi.

(TWPM & CK)

  kembali