USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Tim Robot USD Wakili Wilayah II dalam Kontes Robot ABU Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2021

diupdate: 3 tahun yang lalu




Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

KRI 2021 diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Tingkat Wilayah yang diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur. Sejumlah tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia 2021 Tingkat Nasional. Dalam kompetisi ini Universitas Sanata Dharma (USD) tergabung di wilayah II. USD mengirimkan 4 tim robot yaitu (1) Tim Domestos Nomos kategori Kontes Robot ABU Indonesia, (2) Tim Akusara kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda, (3) Tim Zussieg kategori Kontes Robot SAR Indonesia, dan (4) Tim Skyfly kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia. KRI yang dilakukan secara daring ini, tim peserta menampilkan robotnya di kampus masing-masing, yang ditayangkan melalui mekanisme video conferencing.

Setelah bertanding di wilayah II pada tanggal 28 September 2021, tim Domestos Nomos berhasil lolos untuk bertanding di tingkat nasional. Menurut Victor Dragon selaku Ketua Tim Robot USD menyatakan bahwa persiapan lomba dimulai pada November 2020. Latihan simulasi rutin dilakukan. Bahkan. Pada saat lomba, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, khususnya terkait dengan masalah teknis jaringan, etapi hal tersebut menjadi motivasi tersendiri dari Tim Domestos Nomos untuk berusaha lebih baik lagi untuk bertanding di tingkat nasional.

(AS)

  kembali