USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Fakultas Vokasi USD Lolos Seleksi dalam Program Gerakan Nasional Revolusi Mental 2021

diupdate: 5 bulan yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) melalui Fakultas Vokasi menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang lolos proposal dan didanai oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) dalam Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2021. Hal tersebut disampaikan melalui surat keputusan pengumuman Proposal GNRM Forum Rektor Indonesia (FRI), Selasa, 22 Juni 2021.

Program GNRM 2021 merupakan kerja sama Kemenko PMK RI dan Forum Rektor Indonesia, terdapat 55 proposal dari 55 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, salah satunya Universitas Sanata Dharma. Tim dari USD mengusung judul kegiatan Mecbot 2021 - Kompetisi Robot Tingkat Nasional “Get Your Future With Technology” yang diajukan oleh Tim Dosen Fakultas Vokasi, dengan Ketua Tim, Agus Siswoyo, S.T., M.T.

Dalam Panduan GNRM 2021 menyebutkan bahwa Gerakan Nasional Revolusi Mental 2021 ini demi mendorong terwujudnya 5 gerakan perubahan Indonesia yaitu: (1) Gerakan Indonesia Melayani, (2) Gerakan Indonesia Bersih, (3) Gerakan Indonesia Mandiri, (4) Gerakan Indonesia Tertib, dan (5) Gerakan Indonesia Bersatu. Kelima gerakan ini akan mendorong tumbuhnya inovasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat di era pandemi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Sementara itu, Agus Siswoyo, S.T., M.T. selaku Ketua Tim Dosen Fakultas Vokasi USD mengatakan bahwa untuk membangun kepedulian terhadap teknologi digital, perlu dikenalkan sejak usia sekolah mulai jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Oleh karena itu, untuk menumbuhkembangkan kreativitas dan kepedulian terhadap kemajuan teknologi, perlu diciptakan atmosfer mulai dari pembuatan modul, pelatihan, kompetisi dan pengembangan teknologi. Melalui robotika, siswa belajar logika pemrograman yang diaplikasikan pada robot, dengan harapan dapat menjadi inspirasi inovasi teknologi masa depan. Selain dapat meningkatkan kreativitas bidang teknologi, perlu juga disiapkan menghadapi daya saing yang ketat. Kompetisi dan kolaborasi perlu dilakukan oleh siswa agar memberikan pengalaman belajar berjuang, pantang menyerah, bekerja sama dengan tim, dan siap menghadapi segala macam tantangan.

Agus Siswoyo, S.T., M.T. lebih lanjut menyampaikan bahwa peningkatan mutu serta daya saing nasional di bidang robotika, kreativitas dan kepedulian terhadap kemajuan teknologi, telah diselenggarakan kompetisi teknologi bidang robotika jenjang SMP, SMA sederajat dan Mahasiswa tingkat Nasional. Kompetisi ini bernama Mecbot 2021 - Kompetisi Robot Tingkat Nasional dengan tema “Get Your Future With Technology” yang terselenggara atas kerjasama Universitas Sanata Dharma dan sekolah-sekolah robot di seluruh Indonesia.

(AS)

  kembali