USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelatihan Preseptor Tingkat Dasar bagi Apoteker Pembimbing Praktek Kerja Profesi Apoteker

diupdate: 6 bulan yang lalu






Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (PSPPA FF USD) mengadakan pelatihan preseptor tingkat dasar bagi para apoteker pembimbing praktek kerja profesi apoteker. Acara yang baru pertama kali diselenggarakan ini, merupakan kerjasama antara PSPPA FF USD dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI). Acara ini diselenggarakan dari tanggal 3-5 Juni 2021 secara daring melalui platform Zoom dengan mengundang beberapa narasumber dari APTFI. Para narasumber ini secara bergantian mengisi beberapa topik terkait dengan peran penting preseptor sebagai pembimbing klinik untuk mahasiswa peserta Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) serta upaya untuk mengoptimalkan peran preseptor sebagai pendidik, fasilitator, protektor, agen sosialisasi, evaluator sekaligus sebagai anutan bagi mahasiswa peserta PKPA. Selain itu, setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi preseptor dalam kegiatan PKPA serta diperolehnya preseptor yang sudah tersertifikasi setelah mengikuti kegiatan ini.

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Dekan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma yaitu Dr. apt. Yustina Sri Hartini dilanjutkan sambutan oleh Prof. Dr. apt. Ajeng Diantini, M.Si. mewakili Ketua APTFI. Pada hari pertama, acara diikuti oleh 81 peserta yang terdiri dari dosen dan praktisi dari rumah sakit, industri, apotek, puskesmas dan sarana distribusi farmasi yang berasal tidak hanya dari DIY saja namun berasal dari berbagai kota atau kabupaten yang ada di Indonesia.

Pada sesi materi hari pertama, acara diawali oleh pretest dan penentuan tujuan oleh apt. Suci Hanifah., M.Si., Ph.D. kemudian disampaikan pemaparan mengenai “Peran Preseptor sebagai role model dan edukator” oleh Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, M.S. lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga yang mengambil topik “Pendidikan Pedagogi di masa Revolusi Industri 4.0” yang disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Agung Endro Nugroho, M.Si. Di setiap akhir pemaparan topik oleh narasumber juga diadakan sesi sharing dan tanya jawab dari yang dipandu oleh Dr. apt. Agatha Budi Susiana Lestari selaku moderator.

Pada hari kedua, materi yang berjudul “Peran Preseptor sebagai fasilitator dan evaluator” disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, M.S. Setelah sesi tanya jawab, materi berikutnya yang berjudul “Interprofessional Education and Interprofessional Collaboration” disampaikan oleh Dr. apt. Mahdi Jufri., M.Si. Setelah ISHOMA, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Komunikasi interpersonal dan manajemen konflik” yang disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Fatma Sri Wahyuni, M.Si. Di hari kedua ini sesi sharing dan tanya jawab dipandu oleh Dr. apt. Agatha Budi Susiana Lestari selaku moderator.

Pada hari ketiga, materi yang berjudul “Ketrampilan Manajerial” disampaikan oleh 2 orang narasumber yang sangat ahli di bidang masing-masing. Narasumber yang pertama adalah Prof. Dr. apt. Satibi., M.Si. yang memaparkan mengenai ketrampilan manajerial dalam bidang komunitas dan pelayanan. Narasumber yang kedua adalah Dr. apt. Lucy N. Sasongko, M.Si. yang memaparkan mengenai ketrampilan manajerial dalam bidang industri. Lalu materi ketiga yang berjudul “Ketrampilan professional” disampaikan oleh Drs. apt. Didik Hasmono, MS. selaku akademisi dan praktisi dari RS Pendidikan Universitas Airlangga. Di hari ketiga ini sesi sharing dan tanya jawab dipandu oleh apt. Michael Raharja Gani, M.Farm. selaku moderator. Selama pelaksanaan kegiatan selama 3 hari, di setiap harinya setelah pemaparan topik oleh narasumber juga diadakan workshop singkat yang dipandu oleh apt. Suci Hanifah., M.Si., Ph.D pada hari pertama, Dr. apt. Azrifitria, M.Si., pada hari kedua dan Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D. pada hari ketiga. Pelatihan selama 3 hari ini ditutup setelah post test yang diakhiri dengan penutup singkat dari Ibu Dr. apt. Yustina Sri Hartini selaku Dekan FF USD.

(MRG)

  kembali