USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pertemuan Inisiasi Kerjasama antara USD dan Universitas Teknologi Medis Yuanpei, Taiwan

diupdate: 2 minggu yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) kembali menerima program kerjasama dari universitas di luar negeri. Universitas tersebut adalah Universitas Teknologi Medis Yuanpei (Yuanpei University of Medical Technology) di Taiwan. Program kerjasama ini direncanakan akan ada dalam beberapa bentuk seperti joint class, joint research, internship, exchange students, atau program Double Degree.

Kerjasama kedua Universitas ini diawali dengan pertemuan daring melalui Google Meet pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021. Dari Universitas Sanata Dharma pertemuan dihadiri oleh Bapak F. X. Ouda Teda Ena, Ed.D. selaku Wakil Rektor 4 bidang Kerjasama, Ibu Dr. apt. Yustina Sri Hartini selaku Dekan  Fakultas Farmasi, Ibu Dr. apt. Dewi Setyaningsih selaku Wakil Dekan Farmasi, Ibu Dr. apt. Christine Patramurti selaku Ketua Program Studi S1 Farmasi, Ibu apt. Aris Widayati, M.Si., PhD. selaku Ketua Program Studi S2 Farmasi, dan Ibu Yurisdixta Menavia, S.S. selaku Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional. Sedangkan dari Universitas Yuanpei Taiwan, pertemuan dihadiri oleh Dr. Hsiao-Ling Huang sebagai Dean of International Office, Ms. Celine Tien sebagai Director of International Office, Ms. Yoyo Chen sebagai International Office Project Manager, dan Ms. Viola Wu sebagai Chinese Language Learning Center Project Manager.

Pertemuan dibuka dan dimoderatori oleh Ibu Siska Aprilianti sebagai representatif Universitas Yuanpei. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan sesi perkenalan dan pemaparan tentang jurusan-jurusan program sarjana dan program magister yang terdapat di Universitas Yuanpei. Terdapat tiga jurusan di Universitas Yuanpei, yakni College of Medical Technology and Nursing, College of Health Sciences, dan College of Well-Being Industry. College of Medical Technology and Nursing memiliki 5 program studi S1 dan S2, dan 3 program studi S1. College of Health Sciences memiliki 3 program studi S1 dan S2 dan 2 program studi S1. College of Well-Being Industry memiliki 2 program studi S1 dan S2 dan 4 program studi S1. Lalu pemaparan tentang program-program dari Pusat Pembelajaran Bahasa Mandarin juga disampaikan oleh pihak Yuanpei.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang Universitas Sanata Dharma dari Bapak Ouda Teda Ena dan pemaparan tentang Fakultas Farmasi oleh Ibu Dewi Setyaningsih. Setelah itu, diskusi dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih dalam dari masing-masing Universitas. Diskusi berjalan dengan lancar dan kedua Universitas menunjukkan tanggapan yang positif akan adanya program kerjasama ini. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara USD dan Universitas Yuanpei, akan diadakan kembali pertemuan lanjutan yang diharapkan bisa membuahkan program kerjasama yang lebih konkrit.

(AAS)

  kembali