USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Webinar Sanata Dharma Berbagi 2021: “Cerdas dan Selaras Membangun Pribadi Berkualitas”

diupdate: 2 minggu yang lalu




Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan acara webinar Sanata Dharma Berbagi yang pertama di tahun 2021 yang dilaksanakan pada hari Jumat, 30 April 2021. Webinar dengan tema “Cerdas dan Selaras Membangun Pribadi Berkualitas” ini diisi oleh dosen-dosen dari Fakultas Psikologi USD, Diana Permata Sari, S.Psi., M.Sc. sebagai moderator dan 3 narasumber yaitu (1) Dr. Minta Istono; (2) Dr. Agnes Indar Etikawati, M.Si., Psikolog.; dan (3) Maria Magdalena Nimas Eki Suprawati, M.Si., Psi., Ph.D. Webinar dilaksanakan luring dari Ruang Kadarman Kampus II USD dan secara daring melalui aplikasi Zoom, serta disiarkan langsung melalui  kanal YouTube Humas USD.

Maria Dwi Budi Jumpowati yang menjadi pembawa acara mempersilahkan  Dr. rer. nat. Herry Pribawanto Suryawan selaku Ketua LPPM USD untuk membuka webinar. “Webinar Sanata Dharma Berbagi yang perdana di tahun ini sebagai wujud kontribusi ilmiah Universitas Sanata Dharma kepada masyarakat luas. Pada saat yang sama para Doktor baru ini juga mempunyai peran yang strategis untuk mengedukasi masyarakat dan melalui kepakarannya membantu menyelesaikan berbagai masalah atau isu yang berkembang di masyarakat.” kata Ketua LPPM USD dalam sambutannya.

Dr. Minta Istono sebagai narasumber pertama menyampaikan paparannya tentang “Proses Interpretasi Isu oleh Pemimpin”. Ia memaparkan bahwa interpretasi terhadap suatu isu menjadi salah satu hal yang penting dalam membuat keputusan atau merespon suatu stimulus yang diterima. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kita sebagai individu dalam menginterpretasi isu, yaitu karakteristik isu (mengancam, mendesak, menyenangkan, dll), individu (demografis, karakter pribadi, gaya kognitif, dll), informasi yang telah dimiliki, interaksi dalam organisasi, dan value atau budaya. Interpretasi terhadap suatu isu merupakan hasil dari interaksi faktor-faktor tersebut sehingga hal inilah yang membuat tiap individu dapat berbeda dalam menginterpretasi suatu isu yang sama. Ia juga menjelaskan bagaimana proses pengambilan keputusan atau respon yang dipengaruhi dari faktor-faktor tersebut.

Dr. Agnes Indar Etikawati, M.Si., Psikolog sebagai narasumber kedua menyampaikan paparannya tentang “Nilai Kultural dan Kesejahteraan Subjektif Anak”. Ia memaparkan perspektif perkembangan pada anak. “Perkembangan pada anak dipengaruhi perspektif ekologi yang terdapat 4 lapisan, yang saya maksud di sini microsystem, mesosystem, exosystem, dan macrosystem. Di mana tiap lapisan ini dipengaruhi oleh perkembangan jaman yang akan membentuk pribadi anak”. Kemudian, ia menyampaikan bahwa “Terdapat indikator bahagia dalam pandangan anak-anak, salah satunya yaitu keluarga yang menjadi indikator penting dalam kebahagiaan anak”. Pada akhir pemaparannya Dr. Agnes Indar Etikawati, M.Si., Psikolog. menekankan bahwa “Kehidupan yang baik merujuk pada konsep kesejahteraan (well-being)”.

Maria Magdalena Nimas Eki Suprawati, M.Si., Psi., Ph.D. sebagai narasumber ketiga menyampaikan paparannya dengan topik "Media Cerita dalam Membangun Karakter di Sekolah”. Ia memaparkan bahwa sekolah menjadi salah satu tempat anak belajar karakter, yang melibatkan peran guru dalam pembentukan karakter anak. “Sekolah menjadi salah satu tempat di mana anak dapat belajar berbagai karakter. Salah satu cara yang dilakukan dalam mengenalkan karakter adalah melalui kegiatan membaca cerita. Pertanyaannya adalah apakah tema ikhtiar ini ada dalam cerita-cerita yang direkomendasikan di sekolah? Apa yang guru katakan di kelas saat menyajikan cerita dengan tema ikhtiar? Bagaimana siswa memahami cerita-cerita tersebut?”. Ia juga memperdalam penjelasannya dengan bercerita tentang pengalamannya dengan mengatakan “guru harus tahu pengalaman apa yang anak miliki untuk bisa menghubungkan dengan cerita yang akan disampaikan dalam rangka membangun karakter anak”.

Sesi selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab. Moderator mempersilahkan penanya melalui zoom dan live chat di kolom obrolan YouTube, serta memberi kesempatan kepada para peserta yang mengikuti secara langsung di Ruang Kadarman. Diskusi seputar pendidikan anak dan pengaruh perspektif dalam mengambil keputusan menjadi bahasan selama sesi tanya jawab berlangsung. Pada akhir webinar juga diumumkan beberapa peserta yang aktif bertanya yang beruntung mendapatkan doorprize berupa 5 buah tumbler, 5 buah buku yang ditulis oleh para dosen, para alumnus dan mahasiswa Fakultas Psikologi USD, serta 4 buah buku dari Penerbit Kanisius. Webinar ditutup oleh moderator dengan pertanyaan reflektif “sudahkah kita menjadi pribadi yang berkualitas?”.

(ADW & TMG)

  kembali