USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

LPMAI USD Adakan Sosialisasi Standar FIBAA & Studi Banding bersama Universitas Airlangga

diupdate: 3 minggu yang lalu





Empat program studi di Universitas Sanata Dharma (USD) yaitu Psikologi, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris sedang mempersiapkan diri untuk pengajuan akreditasi internasional FIBAA (The Foundation for International Business Administration Accreditation). Untuk membantu persiapan 4 program studi tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI) USD mengadakan seminar “Sosialisasi Standar FIBAA & Studi Banding bersama Universitas Airlangga” pada Jumat, 19 Maret 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom, dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Humas USD. Acara ini tidak hanya diikuti empat program studi tersebut, namun program studi yang lain juga sangat antusias untuk belajar tentang akreditasi internasional.

Seminar daring ini mengundang 2 orang narasumber dari Universitas Airlangga (UNAIR) yang memiliki banyak pengalaman di bidang akreditasi Internasional, Bapakapt. Helmy Yusuf, S.Si., M.Phil., Ph.D. dari Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNAIR dan Ibu Atika Dian Ariana, S.Psi., M.Sc.dari Program Studi Psikologi UNAIR. Seminar ini dipandu oleh Bapak Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D. selaku moderator.

Setelah pengenalan tentang profil narasumber oleh moderator, pemaparan dari narasumber dimulai dari Bapak apt. Helmy Yusuf, S.Si., M.Phil., Ph.D. Beliau memberikan gambaran besar tentang pengajuan akreditasi ke FIBAA. Dimulai dengan pengenalan singkat tentang FIBAA, beliau menjelaskan bahwa FIBAA sudah diakui secara internasional di banyak negara dan memiliki kualitas layanan customer service yang sangat baik. Pak Helmy menambahkan juga tentang detil teknis pada program FIBAA yang sudah dilakukan di beberapa program studi di UNAIR. “Pengajuan akreditasi ini bukan tanggung jawab satu pihak saja, namun juga tanggung jawab semua elemen yang ada di universitas.” tutur Pak Helmy. Beliau berharap supaya Universitas Sanata Dharma bisa melalui tantangan ini secara kompak dan kolaboratif.

Narasumber kedua adalah perwakilan dari tim akreditasi internasional di program studi Psikologi UNAIR yang sudah mendapatkan pengakuan standarisasi internasional dari FIBAA, Ibu Atika Dian Ariana, S.Psi., M.Sc..Beliau memaparkan pengalaman dari Progam Studi Psikologi UNAIR ketika pengajuan ke FIBAA mulai dari persiapan sebelum pengajuan, teknis yang beliau dan tim laksanakan hingga Program Studi Psikologi mendapatkan rekognisi dari FIBAA. “Pengajuan akreditasi ini sangat menguras energi, pikiran, dan waktu.” ungkap beliau. Sangatlah dibutuhkan penyatuan tujuan, agar seluruh civitas akademika bisa satu padu dalam mencapai rekognisi ini. Beliau juga meyampaikan supaya selalu berpikiran positif dan melihat segala hal baik dari kegiatan ini bagi diri sendiri dan civitas.

(BA)

  kembali