USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pendidikan Matematika USD Menjadi Host Kuliah Umum, Seminar dan Workshop Aljabar

diupdate: 4 minggu yang lalu


KULIAH UMUM ALJABAR SERI KE-3

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sanata Dharma (USD) pada tanggal 13 Maret 2021 menyelenggarakan Kuliah Umum Aljabar dengan tema Aljabar Linear bekerjasama dengan Komunitas Peminat Aljabar (KPA) Wilayah Tengah dan Indonesian Mathematical Society (IndoMS). Acara ini dilaksanakan secara daring dengan dua platform yaitu Zoom Meeting dan live streaming di kanal Youtube Pendidikan Matematika USD.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari (1) Gubernur IndoMS Wilayah DIY-Jateng, Dr. Nanang Susyanto, M.Sc.; (2) Ketua KPA, Prof. Dr. Amir Kamal Amir, M.Sc.; dan (3) Dekan FKIP USD, Dr. Yohanes Harsoyo, S.Pd., M.Si. Kuliah umum ini mengundang 4 narasumber yang berprofesi sebagai tenaga pengajar yang memiliki bidang keahlian Aljabar yakni Prof. Dr. Sri Wahyuni, M.S. dan Dr.rer.nat. Yeni Susanti  dari Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM); Dr. Marcellinus Andy Rudhito, S.Pd. dan Dewa Putu Wiadnyana Putra, S.Pd.,M.Sc., dari Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, USD.



Sekitar 1.200 peserta dari kalangan dosen, mahasiswa S1/S2/S3, dan umum di Indonesia mendaftar untuk mengikuti kuliah umum seri ke-3 dari rangkaian Kuliah Umum Aljabar dari KPA ini, di mana Pendidikan Matematika USD yang menjadi host. Dr. Nanang Susyanto, M.Sc. selaku Gubernur IndoMS Wilayah DIY-Jateng menyampaikan bahwa kegiatan ini mendukung Kemendikbud tentang mahasiswa harus memiliki 5C yakni Critical thinking (kemampuan berpikir kritis), communication skill (kemampuan berkomunikasi), collaboration (bekerja sama), creativity (kreativitas), dan confidence (percaya diri) khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini di mana mahasiswa harus mampu fleksibel dalam belajar. Aljabar adalah salah satu pencerminan dari jiwa kreativitas (creativity). Tindak lanjut dari kegiatan-kegiatan ini adalah terwujudnya IndoMS School di mana bobot SKS yang ditempuh mahasiswa bisa diakui sebagai mata kuliah yang diambil di luar progam studi.

Setelah para narasumber menyampaikan materi, pada sesi tanya-jawab peserta sangat antusias bertanya langsung via Zoom maupun lewat live chat Youtube. Akhir acara ditutup oleh perwakilan dari Program Studi Pendidikan Matematika yaitu Ketua Program Studi Pendidikan Matematika USD, Bapak Beni Utomo, M.Sc.



SEMINAR DAN WORKSHOP ALJABAR SERI KE-5

Setelah sukses menjadi host Kuliah Umum Aljabar Seri ke-3, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sanata Dharma (USD) kembali dipercaya untuk menjadi host kegiatan berseri lainnya yang diselenggarakan oleh Komunitas Peminat Aljabar (KPA) Wilayah Tengah dan Indonesian Mathematical Society (IndoMS). Kegiatan kali ini adalah Seminar dan Workhsop Aljabar seri ke-5. Masih seperti sebelumnya, acara ini dilaksanakan secara daring dengan dua platform yaitu Zoom Meeting dan live streaming di kanal Youtube Pendidikan Matematika USD pada hari Sabtu, 20 Maret 2021.

Ketua KPA, Bapak Prof. Dr. Amir Kamal Amir, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan Matematika khususnya Aljabar sudah semakin disadari oleh masyarakat bahwa sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. “Dengan Matematika, Anda bisa menguasai dunia. Semua hal bisa digeneralisasi ke bentuk Aljabar. Dengan Aljabar, proses komputasi bisa dipersingkat waktunya”, ucapnya untuk memotivasi mahasiswa tekun belajar Matematika. Perwakilan Dekan FKIP USD, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Paulus Kuswandono, Ph.D,. menyampaikan sangat senang dengan kegiatan ini sehingga mahasiswa bisa membelajarkan Matematika yang sudah dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh peserta didik di sekolah menjadi menyenangkan dan menarik, serta kolaborasi dalam kegiatan ini sesuai dengan  Revolusi Industri 4.0 yang sudah berjalan.

Kegiatan ini mengundang narasumber seminar yakni Dr. Ahmad Faisol, M.Sc. dari Departemen Matematika, FMIPA, Universitas Lampung dengan materi Ring Deret Pangkat Tergeneralisasi Miring dan dua narasumber dari Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, USD yaitu  Dr. Marcellinus Andy Rudhito, S.Pd. dan Dewa Putu Wiadnyana Putra, S.Pd.,M.Sc. dengan materi Komputasi Aljabar dengan GAP.



Dewi Respati, salah satu mahasiswa peserta, sempat menyampaikan dalam chat bahwa kegiatan seminar dan workshop daring yang gratis seperti ini sangat membantu mahasiswa untuk memperluas pandangannya tentang Matematika khususnya Aljabar karena dilaksanakan di waktu mahasiswa sedang libur sehingga rasanya lebih santai ketika mengikuti materi yang disampaikan. Beberapa peserta seminar dan workshop ini justru dari kalangan guru SMP dan SMA, mereka tertarik mendaftar sebagai peserta karena menganggap ada beberapa hal yang bisa dijadikan inovasi pembelajaran untuk siswa mereka di sekolah.

(mds)

  kembali