USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Lantik Lulusan Program Profesi Insinyur Angkatan Pertama

diupdate: 1 bulan yang lalu



Selasa, 9 Maret 2021 Program Studi Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Sanata Dharma (USD) melakukan Pelantikan Insinyur Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021. Acara ini diselenggarakan secara kombinasi yaitu luring dan daring. Pelantikan secara luring bertempat di Kampus III USD dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sedangkan secara daring melalui akun Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas USD.

Pelantikan ini merupakan pelantikan pertama untuk Program Studi PPI FST USD, sejak pertama kali menerima mahasiswa program profesi pada Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021. Ketua Program Studi PPI Ir Petrus Kanisius Purwadi, M.T., IPM saat memberikan laporannya menyampaikan bahwa pada periode ini terdapat 9 peserta program profesi yang akan dilantik. 7 di antaranya adalah laki-laki dan 2 orang lainnya adalah perempuan, dengan rentan usia tertua 55 tahun sementara usia termuda adalah 47 tahun.

Berdasarkan Permenristekdikti No. 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi, para peserta yang dilantik akan memperoleh sertifikat profesi dan bukan mendapatkan ijazah. Hal ini menjadi perhatian dalam sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Peningkatan Mutu PT, Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom sebagai perwakilan dari LL Dikti Wilayah V. Menurut beliau masih banyak program profesi yang belum paham dan mengeluarkan ijazah. “Gelar ada di profesi itu sendiri dan gelarnya harus ditulis dalam bahasa Indonesia.” tambahnya. Terkait hal ini, Ketua Badan Pelaksana Program PII, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, ST., MBA., IPU juga menambahkan bahwa sertifikat profesi yang diperoleh oleh para peserta berlaku hanya untuk 5 tahun. Perlu dilakukan pengujian kembali maupun melakukan registrasi ulang secara berkala setiap 5 tahun sekali. Beliau juga menyampaikan harapan bagi para insinyur untuk terus menerus mengembangkan diri melalui berbagai upaya untuk memelihara kompetensi, mengembangkan sikap profesional, dan juga mengembangkan tanggung jawab sosial baik kepada lingkungan profesi maupun masyarakat umum.

Johanes Eka Priyatma, M. Sc., Ph.D. selaku Rektor USD juga menyampaikan selamat kepada peserta pelantikan yang juga merupakan pengajar di USD ini.  “Semoga di tengah situasi yang penuh kewaspadaan ini, kita tetap menemukan makna dari proses yang dijalani bersama” tambahnya. Rektor juga menyampaikan harapannya kepada para peserta pelantikan agar dapat menghidupi panggilan profesi dengan baik yang dilengkapi dengan seperangkat tata nilai yang tujuannya menjamin kualitas martabat kehidupan bersama (publik).

(DPPG & TMG)

  kembali