USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kegiatan Kemahasiswaan USD Semasa Pandemi

diupdate: 1 bulan yang lalu




Pandemi Virus Corona yang terjadi pada tahun 2020 masih terasa imbasnya ke Universitas Sanata Dharma (USD) dalam kegiatan kemahasiswaan sampai saat ini (Maret 2021). Kegiatan kemahasiswaan yang awalnya dilaksanakam secara langsung dan melibatkan banyak mahasiswa kini diganti secara daring. Semua kagiatan kemahasiswaan dimaksimalkan dalam pertemuan online supaya mencegah penyebaran Virus Corona. Sejak Maret tahun lalu perkuliahan di USD dilaksanakan secara daring maka kegiatan kemahasiswaan juga ikut dilaksanakan secara daring hingga Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 saat ini.

Paulus Bambang Irawan, S.J., S.S., M.Hum., S.T.D sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USD menyampaikan beberapa kegiatan kemahasiswaan yang berjalan semasa pandemi ini adalah rapat secara daring, webinar, kegiatan pergantian pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), serta program tahunan penyusunan proposal kekreatifitasan mahasiswa yang dilaksanakan secara online yang akan mendapatkan pendanaan dari Dikti. Wakil Rektor III USD yang sering disapa Romo Bambang ini juga menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi, kegiatan kemahasiswaan yang sampai saat ini belum terlaksana secara maksimal yaitu kegiatan seni dan olahraga. Kegiatan-kegiatan seni dan olahraga tersebut mengundang kerumunan sehingga pihak kampus tidak bisa mengizinkan hal tersebut, tetapi ada beberapa kegiatan yang berjalan memanfaatkan internet sebagai tempat bertemunya mahasiswa dengan mahasiswa yang lain dengan memberikan materi secara online. “Saya mengharapkan mahasiswa USD tidak patah semangat, tetap optimis bahwa kita dapat melalui ini semua dan lebih memfokuskan kegiatan dengan pola pikir baru yang fleksibel untuk mengikuti suasana saat ini”, tutur Romo Paulus Bambang.

Romo Bambang juga menjelaskan bahwa Universitas Sanata Dharma sangat mendukung adanya kegiatan mahasiswa, dengan menyediakan fasilitas yang sesuai kebutuhan dan menyediakan alat-alat streaming dalam mendukung kegiatan kemahasiswaan secara daring. USD juga menyediakan layanan konseling dalam hal mental atau emosional mahasiswa yang dapat diakses melalui web Sistem Informasi Akademik (SIA).

(RAS AWAS)

  kembali