USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Dialog Secara Daring Dosen dan Mahasiswa BK USD

diupdate: 4 bulan yang lalu




“Sampaikan Aspirasimu dengan Komunikasi yang Bersinergi: Beda Cara Satu Makna”

Dalam rangka melakukan evaluasi, persiapan kegiatan dan perkuliahan program studi, serta temu kangen, Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma (BK USD) di awal semester genap tahun akademik 2020/2021 menyelenggarakan kegiatan Dialog Dosen dan Mahasiswa. Acara yang diselenggarakan secara daring pada hari Rabu 27 Januari 2021 ini dimotori oleh pengurus HMPS BK USD dan  dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa melalui aplikasi Zoom. Tercatat ada 157 orang partisipan terdiri dari 11 dosen dan 146 mahasiswa Pogram Studi BK dari angkatan 2017 sampai 2020 yang hadir dalam acara tersebut. Sebelumnya, pengurus HMPS juga telah mengadakan survei untuk menjaring pertanyaan dan saran secara online.

Acara Dialog Dosen dan Mahasiswa tersebut diawali dengan doa dari wakil mahasiswa beragama Hindu. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Sanata Dharma, acara dilanjutkan dengan penampilan video lagu dari Unit Kegiatan Mahasiswa Program Studi Paduan Suara BK yang mengungkapkan rasa terima kasih kepada para tenaga medis yang telah bertaruh nyawa pada masa pandemi sekarang ini. Selanjutnya acara dipandu oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) BK Dr. Yohanes Heri Widodo, M.Psi., Psi. dan Wakil Ketua Program Studi (Wakaprodi) BK Prias Hayu Purbaning Tyas, M.Pd.

Dalam sambutan awalnya, Kaprodi BK menyampaikan bahwa kurikulum Merdeka Belajar yang saat ini digagas Mendikbud merupakan kurikulum yang mendorong terbentuknya pribadi yang memiliki kemerdekaan untuk belajar tanpa dibebani oleh ketakutan-ketakutan yang membatasi seseorang untuk belajar. Setelah sambutan dari Kaprodi BK, selanjutnya adalah penyampaian informasi akademis dan kegiatan non-akademis di Program Studi BK untuk semester mendatang yang disampaikan oleh Wakaprodi BK.

Dalam sesi inti yaitu sesi dialog, mahasiswa dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan atau saran dan kritik terkait kegiatan akademik/non akademik, sistem belajar mengajar, serta mengenai kebijakan yang berlaku oleh dosen mata kuliah tertentu. Banyak pertanyaan yang diajukan dan didiskusikan antara lain menyangkut penilaian kuliah, PLP, dan kuliah online. Acara di tutup dengan foto bersama serta doa dari wakil mahasiswa beragama Islam.

(AAB)

  kembali