USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Katekese Kontekstual: Katekese Yang Terlibat dalam Hidup Bermasyarakat Dan Bernegara

diupdate: 4 tahun yang lalu



Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik (Pendikkat) Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dan Call For Papers pada tanggal 29 November 2019 di Auditorium Kampus V USD. Tema yang diangkat pada Seminar Nasional dan Call For Papers adalah “Katekese Kontekstual: Katekese Yang Terlibat Dalam Hidup Bermasyarakat Dan Bernegara”. Kegiatan Seminar Nasional dan Call For Papers menghadirkan 2 Keynote Speaker yaitu Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M. Si. dan Dr. B. A. Rukiyanto, SJ dan menghadirkan 2 pembicara yaitu Kardinal Julius Darmaatmadja, SJ dan Dr. Mutiara Andalas, SJ, STD. Latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah harapan dosen Program Studi Pendikkat USD untuk dapat menciptakan kultur akademik dan dapat menulis karya ilmiah.

Dikarenakan pihak penyelengara merupakan Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik, sehingga diangkatlah tema katekese kontekstual, yang mana katekese kontekstual dapat dibagi menjadi 2, yakni paroki dan sekolah. Katekese kontekstual paroki dapat mempersiapkan individu untuk menjadi katekis-katekis, namun katekese kontekstual sekolah dapat mempersiapkan individu untuk menjadi guru agama katolik. Selain itu, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong para mahasiswa Program Studi Pendikkat USD agar dapat menciptakan terobosan-terobosan baru dalam berkatekese dengan memanfaatkan social media. Peserta yang terlibat dalam Seminar Nasional dan Call For Papers merupakan para mahasiswa Pendikkat USD dan perkumpulan perguruan tinggi pendidikan keagamaan katolik.

Harapan yang disampaikan oleh Gustinus Rudi Winarto selaku ketua panitia Seminar Nasional dan Call For Papers adalah mahasiswa tidak hanya dominan dalam bidang non akademik saja, melainkan dapat menyeimbangkan porsi akademik dengan non akademik. Selain itu agar mahasiswa dapat lebih berpartisipasi aktif dalam riset dan pengabdian masyarakat.

(GSEP & CFAASK)

  kembali