USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kolaborasi Mahasiswa USD dan Gen Rosso

diupdate: 4 tahun yang lalu




Mahasiswa Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Rabu (20/11) berkolaborasi dengan Gen Rosso, sebuah grup band asal Italia. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menyebarkan perdamaian bagi seluruh umat manusia yang hidup di tengah keberagaman latar belakang budaya, suku dan agama. Kolaborasi ini sejalan dengan semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti meskipun berbeda-beda  tetapi tetap satu jua. Hal ini sesuai dengan visi dan misi USD seperti yang disampaikan oleh Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor USD yang mengatakan “Visi misi yang diperjuangkan Gen Rosso sama dengan Universitas Sanata Dharma yaitu menebarkan perdamaian, persatuan, dan keluhuran martabat manusia”.

Grup band yang terdiri dari personil yang berasal dari tujuh negara ini sudah berdiri sejak 53 tahun yang lalu ketika Chiara Lubich memberikan sebuah alat musik berwarna merah. Oleh karena itu, grup band ini dinamai “Gen Rosso” yang berarti generasi baru. Dengan mengangkat tema ‘Unity in Diversity’ dalam kegiatan Gen Rosso Asia Tour 2019 Concert, Gen Rosso bersama mahasiswa USD terlibat dalam aksi menyebarkan perdamaian dan toleransi.

Dua hari sebelumnya Gen Rosso mengadakan workshop dengan 75 mahasiswa USD yang terpilih dan berbakat. Workshop ini terbagi kedalam empat bidang yaitu: (1) Choral Singing, (2) Broadway, (3) Percussions, (4) Instrumental Music. Hasil dari workshop inilah yang ditampilkan dalam acara Gen Rosso Asia Tour 2019 Concert di Auditorium Driyarkara USD. Kegiatan ini dihadiri sekitar 1000 orang, baik dari pihak internal maupun dari luar USD. Dalam kegiatan ini, Gen Rosso menampilkan lebih dari 12 lagu, Gen Rosso juga menyanyikan lagu Indonesia berjudul ‘Laskar Pelangi’. Nivea selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan harapannya melalui kegiatan ini agar mahasiswa USD dapat memaknai setiap proses, bahwa workshop ini bukan sekadar ajang pengembangan skill saja melainkan juga sebuah perjuangan untuk sebuah tujuan.

(DPPG & TNU)

  kembali